Jumat, 5 Juni 20

Virus Corona, Filipina Usir Balik 500 Wisatawan China

Virus Corona, Filipina Usir Balik 500 Wisatawan China
* Hampir 500 pelancong Wuhan (China) yang tiba di Kalibo Aklan, Filipina, akan dihantar pulang ke negara asal, minggu ini. (Getty Images)

Akibat penyebaran vorus corona, sekitar 500 pelancong dari Wuhan (China) yang tiba di Kalibo Aklan, Filipina, langsung segera dihantar pulang ke negara asalnya, minggu ini.

Pihak berwenang Filipina mengumumkan Kamis (24/1/2019), bahwa pembatasan perjalanan dari Wuhan akan diberlakukan.

Menurut sebuah laporan dari CNA, “Pemerintah Filipina mengirim kembali hampir 500 turis Tiongkok yang datang dari Wuhan.”

“Para turis telah tiba di Kalibo; itu batu loncatan ke tempat liburan Boracay, tepat sebelum Manila mengumumkan akan menghentikan penerbangan dari Wuhan pada Kamis malam. ”

Satu jangkar melanjutkan dengan mengatakan: “pihak berwenang telah mengatur empat penerbangan untuk membawa mereka kembali ke Wuhan.”

“Pejabat penerbangan mengatakan tidak ada dari mereka yang dikarantina atau menunjukkan gejala virus.”

Penanda lainnya menjawab, “secara terpisah, melaporkan dugaan kasus virus tersebut — seorang bocah lelaki berusia lima tahun dari Wuhan yang dinyatakan positif dalam tes pendahuluan.”

“Sampel telah dikirim ke Australia dan hasilnya diharapkan besok.”

CNN Filipina melaporkan bahwa dua pasien berada di bawah pengawasan Coronavirus di rumah sakit Palawan.

Seorang anak Brasil yang keluarganya tinggal di Wuhan dan seorang anak lelaki Taiwan keduanya ditahan di bawah pengawasan.

Seorang juru bicara rumah sakit mencatat bahwa demam gadis Brasil itu telah selesai dalam semalam.

Virus mematikan telah menyebar di Asia Tenggara dan Timur Jauh, dengan kasus yang dikonfirmasi dilaporkan di beberapa negara.

Pihak berwenang China bekerja tanpa lelah untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut dengan memberlakukan pembatasan perjalanan yang parah yang berdampak pada puluhan juta orang.

Fasilitas medis sedang dibangun dengan tergesa-gesa di Wuhan untuk memenuhi permintaan yang besar akan perawatan kesehatan, mengingat penyebaran penyakit yang cepat yang diyakini telah mempengaruhi ratusan orang.

Pengarah Eksekutif Lembaga Penerbangan Awam, Carmelo Arcilla berkata, dua syarikat penerbangan Royal Air Charter dan Pan Pasific Airline akan menghantar pulang pelancong terbabit ke Wuhan dalam tiga penerbangan khas bermula Jumat, Sabtu dan Senin.

Pesawat berkenaan juga akan kembali ke Kalibo tanpa membawa penumpang.

Dalam tempoh menunggu dihantar pulang ke negara asal, tiada seorang pun pelancong yang dikuarantin kerana tiada yang menunjukkan tanda-tanda mereka mengalami simptom koronavirus.

Sementara itu, Senator Risa Hontiveros berkata, pihak berkuasa Filipina sepatutnya mempertimbangkan untuk mengenakan larangan perjalanan selama sebulan untuk sesiapa sahaja yang datang dari Wuhan bagi mengelakkan penyebaran penyakit itu ke Filipina.

Dua Turis China di Bali Terjangkit Virus Corona
Tiga orang wisatawan asing terdiri dari dua orang dari China dan satu Meksiko menggemparkan warga Pulau Dewata Bali lantaran diduga terjangkit virus corona mematikan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Suarjaya menyampaikan ketiga wisatawan luar negeri yang tengah berlibur di Bali tersebut mendadak demam batuk dan pilek.

Lantaran saat ini tengah heboh masuknya virus corona di Indonesia, ketiga wisatawan tersebut langsung dilarikan ke RSUP Sanglah Denpasar Bali.

“Ketiga wisatawan itu mendadak demam batuk dan pilek, kemudian mereka dlarikan ke rumah sakit Sanglah,” ucap Suarjaya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/1).

Dua orang warganegara China masih menjalankan perawatan intensif di RSUP Sanglah, sedangkan untuk warganegara Meksiko sudah dipulangkan lantaran sudah membaik.

“Dua warga China itu masih dirawat intensif, warganegara Meksiko dia sudah membaik dan hasilnya negatif Corona,” ucapnya.

Mengenai dua warganegara China yang diduga terjangkit virus Corona, sambung Suarjaya, saat ini pihak Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah masih menunggu hasil lab yang akan keluar besok untuk mengetahui apa penyakit yang dialami dua warga China itu.

“Hasilnya keluar 48 jam, jadi kemungkinan besok baru keluar, saat ini masih diobservasi kedua WN China itu, mudah-mudahan hasilnya negatif,” tandasnya.

RS Bandung Isolasi WN China Terjangkit Virus Corona
Seorang warga negara China diisolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Pria tersebut diduga terkena virus Corona 2019-NcoV.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pria itu dirujuk dari Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan, Kabupaten Bandung Barat ke RSHS pada Minggu (26/1/2020) siang.

Kasubbag Humas RSHS Bandung Renny Meisuburryani membenarkan kabar soal pasian diduga terserang virus Corona. Pasien itu saat ini tengah dalam penanganan intensif.

“Sudah di ruang isolasi,” kata Reny saat dikonfirmasi detikcom.

Reny mengatakan belum diketahui secara jelas soal virus itu yang diduga ada di tubuh WN China. Saat ini, tim dokter RSHS masih melakukan investigasi. “Masih diinvestigasi,” kata dia.

Reny tak bisa menjelaskan secara detail terkait dugaan WN China terserang Corona. Pihaknya menyebut keterangan resmi akan disampaikan oleh Dirut RSHS besok.

“Untuk lebih jelasnya, besok bu Dirut akan memberikan keterangan ya,” tuturnya. (*/CNN/RM)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.