Sabtu, 20 Agustus 22

Viostin DS Mengandung Babi Harus Diseret Hukum

Viostin DS Mengandung Babi Harus Diseret Hukum

Jakarta, Obsessionnews.com – Masyarakat terpelanjat kala suplemen makanan Viostin DS produksi dari PT. Pharos Indonesia positif mengandung DNA Babi. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah menginstruksikan PT. Pharos untuk menghentikan produksi suplemen itu dan menariknya di pasaran.

“Berdasarkan hasil pengawasan terhadap produk yang beredar di pasaran (post-market vigilance) melalui pengambilan contoh dan pengujian terhadap parameter DNA babi, ditemukan bahwa produk di atas terbukti positif mengandung DNA babi,” demikian bunyi surat yang dikeluarkan oleh BPOM RI, dilansir laman pom.go.id, Selasa (30/1/2018).

Padahal produk ini telah mengantongi izin edar (NIE) POM SD.051523771 nomor bets BN C6K994H. Tentu ini sangat merugikan masyarakat, khususnya umat muslim, karena iklan Viostin DS kerap sekali disaksikan di layar televisi. Salah satunya terlihat gencar di program talkshow religi “Mamah & Aa Beraksi” di telivisi Indosiar. Dimana produk tersebut dikatakan produk yang halal. Namun belakangan ini dalam “Mamah & Aa Beraksi” iklan Viostin DS sudah tak terlihat lagi.

“PT Pharos melanggar secara perdata dan pidana. Harus diproses secara hukum dan memberikan kompensasi pada konsumen. Tidak cukup hanya ditarik dari pasaran,” kata Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, saat dihubungi Obsessionnews, Kamis (1/2).

Ini bermula dari viralnya surat internal Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Mataram kepada Balai POM di Palangka Raya tentang hasil pengujian sampel uji rujuk suplemen makanan tersebut yang haram bagi umat muslim ini.

Secara bersamaan, BPOM Palangkaraya juga menemukan kandungan DNA babi pada Enzyplex tablet produksi PT Medifarma Laboratories dengan memiliki izin edar NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101.

Viostin DS merupakan nutrisi tulang rawan sendi dengan kekuatan ganda (Double Strength) yang dapat mengatasi kaku serta nyeri sendi akibat menipis atau rusaknya tulang rawan sendi (osteoarthritis). Viostin DS mengandung kombinasi dari glukosamin dan kondroitin lebih besar sehingga lebih cepat serta efektif untuk merangsang pembentukan tulang rawan sendi. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.