Sabtu, 25 September 21

Validasi Rekaman ‘Papa Minta Saham’ Kejagung Libatkan Ahli ITB

Validasi Rekaman ‘Papa Minta Saham’ Kejagung Libatkan Ahli ITB

Jakarta, Obsessionnews – Tim penyelidik dari Kejaksaan Agung tengah memvalidasi rekaman percakapan “papa minta saham” antara Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha Reza Chalid dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Tim melibatkan ahli IT dari ITB, Bandung.

“Kebenaran harus kita ungkapkan. Korupsi gak harus nunggu transaksi,” ujar Jaksa Agung HM Prastyo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Prasetyo mengatakan rekaman bisa dijadikan sebagai bukti awal untuk memulai langkah penyelidikan. Menurutnya dari fakta persidangan di Mahkamah Kehormatan Dewan mengungkapkan fakta bahwa telah terjadi percobaan tindak pidana korupsi.

“Dari apa yang kita dengar dari sidang MKD kalian juga sudah bisa lihat seperti apa,” ungkap Jaksa Agung.

Diakuinya, dalam mengusut kasus itu, Kejagung tidak melihat dari sisi legal atau illegal kegiatan perekaman yang dilakukan Maroef Sjamsoeddin, akan tetapi justru subtansi masalah yang menjadi hal penting untuk ditelusuri lebih lanjut.

“Saya melihat substansinya saja dan itu diakui oleh yang melakukan rekaman itu benar, nanti kita kroscek meski saya juga lakukan validasi dan verifikasi,” kata Prasetyo.

Kejagung sebelumnya telah meminta keterangan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin serta menyita telepon genggam miliknya. Berikutnya Menteri ESDM Sudirman Said yang dijadwalkan dipanggil pekan depan.

“Pak Sudirman Said sudah ketemu kita tapi sekarang lagi ke luar negeri. Munggu depan. Sekarang sudah Jumat, lalu Sabtu-Minggu jadi minggu depanlah,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.