Senin, 26 September 22

Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Diprioritaskan untuk Tenaga Medis

Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Diprioritaskan untuk Tenaga Medis
* Ilustrasi vaksin Covid-19.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 asal China, Sinovac telah tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, pada Minggu 6 Desember 2020.

Direktur Utama Bio Farma Honsety Basyir mengatakan, sebagai Holding BUMN Farmasi, pihaknya menerima penugasan dan amanah dari pemerintah untuk memprioritaskan vaksinasi kepada para medis.

“Itu karena, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien yang terinfeksi Covid-19,” ujar Honsety, Selasa (8/12/2020).

Saat ini, manajemen perseroan tengah menyiapkan kedatangan vaksin Sinovac tahap dua sebanyak 1,8 juta pada akhir Desember 2020. Itu berarti, ada 3 juta dosis vaksin Sinovac yang akan diamankan perseroan farmasi tersebur. Dari total 3 juta dosis, Bio Farma telah menerima sebanyak 1,2 juta dosis kemasan single dose pada Minggu kemarin.

“Total vaksin yang kami terima pada Minggu sebanyak 1.200.568 vial, di mana sebanyak 568 vial akan dialokasikan untuk dilakukan pengujian mutu yang akan dilakukan bersama oleh Bio Farma dan BPOM,” kata Honesty.

Dalam kesempatan itu, Honesty menegaskan, vaksin harus memenuhi beberapa faktor seperti memenuhi unsur keamanan, cepat, dan memenuhi aspek mandiri. Vaksin yang terpilih juga harus memiliki khasiat dan mutu yang dilakukan dengan uji klinis tahap I, II, dan III

Bio Farma sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh pemerintah serta berbagai pihak. Dia bilang, atas dukungan dari berbagai pihak, proses kedatangan perdana vaksin Covid-19 berjalan dengan lancar. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.