Rabu, 2 Desember 20

UU Cipta Kerja Berikan Kemudahan Perizinan Bagi UMK

UU Cipta Kerja Berikan Kemudahan Perizinan Bagi UMK
* Salah satu contoh usaha mikro dan kecil (UMK) di bidang pembuatan tahu di Tangerang, Banten. (Foto: Edwin B/Obsession News)

Jakarta, Obsessionnews.com – Undang-Undang (UU) Cipta Kerja lebih mengutamakan kepentingan masyarakat, dengan memberikan berbagai macam kemudahan bagi pelaku usaha mikro dan kecil, terutama untuk mengembangkan usahanya.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto yang dikutip obsessionnews.com dari situs ekon.go.id.

Baca juga:

UU Ciptaker Atur TKA yang Dapat Bekerja di Indonesia Hanya untuk Jabatan Tertentu

Upah Minimum Tidak Dihapus di UU Cipta Kerja

UU Cipta Kerja Dukung Upaya Pemerintah Berantas Korupsi

Airlangga Sebut UU Cipta Kerja Utamakan Kepentingan Rakyat yang Butuh Kepastian dalam Bekerja

Airlangga menerangkan, UU Cipta Kerja memberikan kemudahan perizinan tunggal bagi usaha mikro dan kecil (UMK) melalui pendaftaran, dan memberikan insentif fiskal dan pembiayaan untuk pengembangan dan pemberdayaan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pemerintah pusat, pemerintah daerah, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD) wajib mengalokasikan penyediaan tempat promosi, tempat usaha atau pengembangan UMK pada infrastruktur publik, yakni seperti terminal, bandara, pelabuhan, stasiun, rest area jalan tol, dan infrastruktur publik lainnya.

Terkait jaminan produk halal, Airlangga menuturkan, UU Cipta Kerja menjamin percepatan dan kepastian dalam proses sertifikasi halal dengan memberikan pembatasan waktu proses penerbitan sertifikat halal, dan memperluas lembaga pemeriksa halal yang dapat dilakukan juga oleh ormas Islam dan perguruan tinggi negeri.

“Bahkan bagi pelaku UMK diberikan kemudahan tambahan berupa biaya sertifikasi yang ditanggung oleh pemerintah,” kata Airlangga. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.