Minggu, 5 Desember 21

Utang Pedagang Pasar Johar Harus Diputihkan

Utang Pedagang Pasar Johar Harus Diputihkan

Semarang, Obsessionnews – Kebakaran pasar Johar Semarang menyisakan berbagai persoalan yang harus disikapi secara cepat dan tepat. Maka harus ada langkah langkah taktis dan strategis yang harus segera diambil oleh pihak Pemerintah Kota Semarang agar beban derita para pedagang lekas terobati.

Untuk itu, DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) merekomendasikan beberapa poin kepada Pemerintah Kota Semarang sebagai upaya perlindungan kepada para pedagang korban kebakaran pasar Johar.

Pertama, tandas Ketua DPP IKAPPI Imam Hadi Kurnia, Pemerintah Kota Semarang harus segera menambah jumlah damkar dan lakukan pemadaman di semua titik api yang masih menyala serta segera lakukan pendinginan.

“Selama titik api masih ada maka proses evakuasi barang dan investigasi penyebab kebakaran akan menemui kendala,” tegasnya, Senin (11/5/2015).

Kedua, lanjutnya, segera menurunkan tim pisikologis dan kesehatan guna menanggulangi beban psikologis pedagang yang banyak terguncang.

Ketiga, Pemerintah Kota Semarang segera melakukan pendataan pedagang korban kebakaran serta jumlah kerugian yang mereka terima sesegera mungkin. Pastikan pedagang korban kebakaran terdata dan tidak ada yang terlewatkan.

Keempat, Pemerintah Kota Semarang wajib memastikan percepatan pembangunan tempat berdagang sementara (penampungan) di wilayah pasar Johar, agar pedagang tidak larut dalam duka dan bisa segera berdagang kembali.

Kelima, Pemerintah Kota Semarang maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera mengupayakan pemberikan modal awal untuk korban kebakaran dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait agar mereka dapat segera kembali berdagang dan melanjutkan roda ekonomi keluarga.

Keenam, Pemerintah Kota Semarang berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk mengupayakan pemutihan utang (Kredit) para pedagang korban kebakaran pasar Johar.

“Ketujuh, tidak menggunakan pihak ketiga (investor) dalam pembangunan kembali pasar Johar dengan mengupayakan dan memanfaatkan anggaran dari pemerintah pusat serta dana pendampingan dari pemerintah provinsi serta pemerintah kota,” tegas Ketua IKAPPI. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.