Rabu, 11 Desember 19

Utang Kita Sudah “Gali Lubang Buat Tutup Jurang”

Utang Kita Sudah “Gali Lubang Buat Tutup Jurang”
* Ekonom senior Dr Rizal Ramli.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ekonom senior Dr Rizal Ramli menyebut, utang luar negeri Indonesia yang sudah melebihi Rp5 ribu triliun menjadi indikasi ekonomi Indonesia gagal. Hal ini, menurutnya, bisa berimplikasi pada terjadinya krisis besar.

Oleh karena itu, Rizal Ramli menilai, utang luar negeri Indonesia tersebut seperti gali lubang tutup jurang dan hal ini semakin membuat perekonomian nasional terpuruk.

“Bukan gali lubang tutup lubang, ini gali lubang tutup jurang. Karena pinjaman cuma buat nutupin utang yang lain,” ungkap Rizal Ramli dalam Diskusi Publik “Ancaman Krisis Ekonomi” yang digelar Gerakan 100 Tokoh Nasional dan Mantan Aktivis Mahasiswa” di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Rizal Ramli menengarai, para pembantu presiden dalam bidang ekonomi banyak menyampaikan laporan-laporan palsu. Akibatnya, presiden mempercayai laporan tersebut bahwa perekonomian kita tidak memiliki masalah.

“Pembantunya presiden pada ABS (Asal Bapak Senang). Tapi syukur Alhamdulillah akhirnya Pak Presiden mengetahui walaupun telat,” ungkap mantan Aktivis ITB yang pernah dipenjara rezim Orba.

Sebagai catatan, Rizal Ramli sendiri telah berkali-kali menyampaikan kondisi ekonomi Indonesia sedang parah dan ada krisis besar yang melanda. “Aneh kalau menterinya bilang tidak terjadi apa-apa, ini kelewat ABS,” tandas Mantan Menteri Kemaritiman Presiden Jokowi ini.

Hadir dalam diskusi tersebut Ketua Yayasan Bung Karno Rachmawati Soekarnoputri, Mayjen TNI (Purn) Sudrajat, Natalius Pigai, serta kalangan Aktivis diantaranya Fery Julianto, Aktivis senior Sri Bintang Pamungkas dan para tokoh lainnya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.