Minggu, 24 Maret 19

Ustaz Arifin Kena Kanker Nasofaring Stadium 4A, Apa Sih Gejalanya?

Ustaz Arifin Kena Kanker Nasofaring  Stadium 4A, Apa Sih Gejalanya?
* KH Ma'ruf Amin menjenguk Ustaz Arifin Ilham. (Foto istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Di media sosial ribuan orang banyak mendoakan kesembuhan Ustaz Arifin Ilham yang tengah terbaring di RSCM karena menderita kanker nasofaring stadium 4A. Tak hanya masyarakat biasa, para tokoh termasuk Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto pun ikut menjenguk Ustaz Arifin dan mendoakannya agar cepat sembuh.

Ustadz Arifin memang sudah lama dikabarkan terkena sakit kanker. Sebelumnya Ustaz sempat dikabarkan sembuh setelah melakukan terapi dan perawatan. Namun, kini Ustaz Arifin kembali sakit. Lalu sepertinya apa sih kanker nasofaring sejauh mana bahaya dan gejalanya?

Secara garis besar, kanker nasofaring adalah kanker yang menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut jenis kanker ini biasa disebut kelanjar getah bening.

Dilansir dari Alodokter, Kamis (10/1/2019) berikut ini adalah gejala kanker nasofaring:

Terdapat benjolan pada tenggorokan, ada Infeksi telinga, telinga berdengung,
kesulitan membuka mulut, terasa sakit kepala, wajah terasa nyeri atau mati rasa, mimisan, sakit tenggorokan, hidung tersumbat tanpa ada penyebab jelas, penglihatan kabur atau berbayang.

Sementara itu, dilangsir dari Tribunnews.com, Fikry Hamdan Yasin, dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) RS Cipto Mangunkusumo, tempat Ustaz Arifin dirawat juga menuturkan hal yang sama.

Tidak hanya menjabarkan gejala kanker nasofaring, dokter Fikry juga menjawab informasi yang beredar mengenai suara serak Ustaz Arifin sebagai gejala kanker nasofaring adalah hal yang tidak benar.

“Suara serak bukan gejala kanker nasofaring ya,” ucap dokter Fikry.

Diagnosis kanker nasofaring

Walaupun berbagai gejala bisa menunjukkan adanya kemungkinan kanker nasofaring, tetapi dokter tetap perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan secara pasti kondisi pasien. Berikut ini adalah beberapa tes yang akan dilakukan oleh dokter:

Pemeriksaan fisik, nasofaringoskopi, biopsi, rontgen, cT scan, MRI, PET scan

Penyebab kanker nasofaring

Walaupun penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tetapi dokter menduga bahwa kondisi ini berhubungan dengan virus Epstein-Barr (EBV) yang mengontaminasi sel nasofaring seseorang.

Tidak hanya kanker nasofaring, EBV juga menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti mononukleosis. Selain itu, masih dari Alodokter, terdapat juga beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker nasofaring, yakni sebagai berikut:

Riwayat kanker nasofaring dalam keluarga, merokok dan mengonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan garam, usia seseorang yang sudah memasuki 30 tahun. (Albar)

 

Baca juga:

Anak Ustaz Arifin Ilham Tak Suka Ayahnya Dituduh Benci Jokowi

Usai Besuk, Jokowi Doakan Kesembuhan Ustaz Arifin Ilham

Arifin Ilham Baik-baik Saja

Wow!! Kanker Arifin Ilham Sembuh dalam 2 Bulan

Alasan Arifin Ilham Tangguhkan Penahanan Pengibar Bendera

Arifin Ilham: Ahok Tersangka, Awal Kehancuran Bagi Kesombongan

Arifin Ilham: Alhamdulillah, Saya Sehat Wal ‘Afiat

Arifin Ilham: Jaga Aksi Damai Termasuk Jaga Al-Qur’an

Arifin Ilham: Ini Aksi Damai!

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.