Minggu, 5 Februari 23

Usai Tolak Gaji PM, Anwar Ibrahim Juga Ogah Pakai Mobil Dinas Mewah

Usai Tolak Gaji PM, Anwar Ibrahim Juga Ogah Pakai Mobil Dinas Mewah
* PM Malaysia Anwar Ibrahim. (RTR/CNN)

Setelah menolak gaji sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia, kini Anwar Ibrahim menyatakan tak mau menggunakan mobil dinas mewah yang dibeli sebelum ia berkuasa.

“Kemarin saya menolak menggunakan Mercedes tipe S600 yang dibeli Departemen Perdana Menteri (JPM) sebelum saya menjadi PM,” ujar Anwar melalui akun Facebook resminya, Minggu (27/11/2022).

“Saya mengambil langkah ini karena saya tak mau pengeluaran tambahan harus dikeluarkan hanya karena saya. Saya memutuskan untuk memakai kendaraan apa saja yang ada di kantor untuk sehari-hari.”

MalayMail melaporkan bahwa Mercedes-Benz seri S600 saat ini sebenarnya sudah tak diproduksi. Namun, harga mobil itu sekitar 1,7 juta ringgit atau setara Rp5,9 miliar ketika pertama kali dirilis.

Gestur ini dianggap sebagai upaya Anwar untuk menunjukkan keseriusannya memulihkan perekonomian Malaysia.

Sebelum ini Anwar juga menolak menerima gajinya sebagai PM. Tak hanya itu, Anwar juga bakal memangkas gaji para menterinya.

“Ukuran kabinet pasti akan lebih kecil dan saya meminta menteri baru untuk menyetujui proposal saya untuk mengurangi gaji mereka,” ucap Anwar, sebagaimana dilansir The Star.

Langkah-langkah yang diambil Anwar ini memang selaras dengan janjinya saat berkampanye. Ia memang berjanji tak akan mengambil gaji sebagai PM dan bakal memangkas upah menteri.

Selama kampanye, Anwar mengaku prihatin melihat situasi ekonomi Malaysia. Ia merasa tak pantas mengambil gaji sebagai perdana menteri.

Setelah dilantik, Anwar membeberkan bahwa fokus utama pemerintahannya saat ini adalah meringankan biaya hidup masyarakat.

Dengan rekam jejaknya sebagai menteri keuangan pada medio 1990-an, Anwar dianggap dapat diandalkan untuk memulihkan perekonomian Malaysial pascapandemi Covid-19. (CNNIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.