Selasa, 16 April 24

Usai Lebaran, Pertamina Jual BBM Pertalite Rp8.500/Liter

Usai Lebaran, Pertamina Jual  BBM Pertalite Rp8.500/Liter

Jakarta, Obsessionnews-Usai Hari Raya Idul Fitri nanti, PT Pertamina (Persero) siap meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan Pertalite. Harga yang dibandrol berkisar Rp 8.500 per liter.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, perseroan telah mengantongi izin dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait BBM beroktan 90 tersebut. “(Izin sudah ada?) Sudah. Rilis pas nanti setelah Lebaran,” ujar Bambang di Jakarta, Rabu (24/6/2015). (Baca juga: Premium Dihapus Ganti Portalite, Memicu Pro Kontra)

Nantinya, Petralite akan dijual terlebih dahulu di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. “Nggak satu hari setelah Lebaran lah. Mana ada yang beli, kan Jakarta kosong,” kata Bambang.

Bambang mengungkapkan, selain dijual di SPBU milik Pertamina, Pertalite juga akan dijual di SPBU Pertamina yang dimilik oleh pihak swasta. “Nanti ada beberapa yang swasta,” kata Bambang.

Bambang akan melihat kondisi pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan kenaikan volume,pada saat bersamaan menurunkan volume BBM jenis lain Untuk tahap awal, pada masing-masing kota tadi, volume BBM Petralite yang didistribusikan sebesar 1.000 Kilo Liter.

Volume itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama kali Pertamax dirilis yang sebesar 7.000 KL. “Tergantung pasar (kenaikan volume pertalite dan penurunan volume BBM jenis lain). Bukan otomatis premium diturunkan. Tapi otomatis premium konsumsinya turun,” terangnya.

Untuk diketahui, Kementerian ESDM memastikan Pertalite telah lolos uji standar dan mutu dengan kadar oktan 90.Uji standar dan mutu tersebut dilakukan tiga lembaga kredibel yaitu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) (Mahbub Junaedi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.