Rabu, 1 Mei 24

Upaya Urun-RI Wujudkan Impian Masyarakat Jadi Mapan dan Bahagia melalui Investasi Halal

Upaya Urun-RI Wujudkan Impian Masyarakat Jadi Mapan dan Bahagia melalui Investasi Halal
* Urun-RI berupaya mewujudkan impian masyarakat menjadi mapan dan bahagia melalui investasi halal. (Foto: Dok. Urun RI)

Obsessionnews.com – Urun-RI telah menjadi platform investasi syariah yang mempertemukan antar pengguna yaitu penerbit (UMKM/pelaku bisnis) dan pemodal dengan saham syariah dan sukuk sebagai produknya, didukung ekosistem digital yang terintegrasi.

 

 

Baca juga: OMG Communication Selenggarakan UMKM SUMMIT 2024 secara Hybrid

 

 

Setiap pengguna platform Urun-RI adalah kontributor dalam membangun resiliensi/ketahanan ekonomi negeri melalui penyebaran harta produktif, sehingga terwujud masyarakat yang makmur secara syariah.

“Ini merupakan tempat investasi yang sesuai syariah. Corak dan value kesyariahan kami dapat terlihat dari konten-konten kami dan keseriusan dalam upaya menerapkan prinsip syariah pada seluruh akitivas operasional kami dan berdampak bagi pembangunan negeri,” papar Direktur Bisnis Urun-RI Ahmad Raafi dalam siaran pers yang diterima Obsessionnews.com, Selasa  (5/3/2024).

 

 

 

Ahmad melanjutkan, “Keberadaan perusahaan financial technology (Fintech) semakin berkembang di Tanah Air. Salah satunya adalah Securities Crowdfunding (SCF) syariah yang merupakan inovasi dalam bidang financial technology.”

Oleh karena itu penyelenggara SCF Syariah memiliki peran penting dalam membentuk lanskap industri ini dalam jangka panjang. Namun demikian, SCF Syariah memerlukan dukungan ekosistem yang kondusif untuk tumbuh dan berkembang mengoptimalkan potensinya.

“Saham syariah sendiri adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan UMKM yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Sementara, sukuk adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan aset proyek/bisnis perusahaan UMKM yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah,” kata Ahmad.

 

Calon investor pun cukup antusias menantikan proyek-proyek baru yang akan listing di platform Urun-RI, dan kalangan pelaku UKM pun menyambut baik hadirnya Urun-RI sebagai pihak yang dapat memberikan skema alternatif non-bank untuk permodalan bisnisnya.

 

Alhamdulillah, kami telah berhasil mengalang pendanaan bisnis di bidang fashion, dengan skema Sukuk senilai Rp1.023.450.000. Selain itu, ke depannya akan ada beberapa bisnis yang listing di platform Urun-RI di bidang properti, travel umroh, mainan edukasi anak-anak, dan motor listrik. Urun RI berhasil memberikan kepercayaan kepada calon investor bahwa bisnis yang akan dimodali ini berpeluang berkembang dengan bagus. Hal ini pun semakin memperkuat branding Urun-RI sebagai SCF Syariah yang menawarkan keamanan data dan transaksi, serta proses assessment yang terukur dari sisi legal, bisnis dan syariah,” lanjut Ahmad dengan nada optimis.

 

Untuk program-program yang dijalankan Urun RI tahun 2024 antara lain adalah edukasi dan literasi Securities Crowdfunding (SCF) Syariah, peluncuran Mobile Apps, digitalisasi pemasaran, simplifikasi proses bisnis, dan assessment penerbit. Ia menambahkan, “Strategi yang dilakukan Urun RI untuk meningkatkan skala bisnis UMKM adalah memberikan masukan positif atas bisnis mereka kepada pelaku UMKM. Bahkan, apabila diperlukan kami bisa memberikan pendampingan, terutama dalam urusan bisnis proses, laporan keuangan dan sisi halal haramnya.” (Elly)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.