Jumat, 2 Desember 22

Untung Rugi Larangan Dispensing Obat Bagi Dokter

Untung Rugi Larangan Dispensing Obat Bagi Dokter

Jakarta, Obsessionnews.com – Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani menilai, wacana larangan dokter perorangan untuk melakukan dispensing obat mempunyai kelebihan ‎dan kekurangan masing-masing.

Menurutnya, dispensing juga bisa memberikan dampak positif untuk kesembuhan pasien yang tengah membutuhkan pertolongan, terlebih dengan masihnya mahalnya biaya kesehatan di Indonesia, dispensing dinilai bisa meringankan biaya pasien.

“Biaya pengobatan menjadi lebih murah, karena pasien tidak perlu ke apotik yang mungkin saja harus menambah biaya transportasi‎,” kata Irma kepada Obsessionnews, Selasa (5/7/2016).

Sementara kerugian dari larangan dispensing, lebih menyangkut kepada bisa obat-obatan yang melibatkan toko obat dan apotek. Sebab, larangan tersebut, dinilai akan merugikan apotek.

“Kerugian nya hilangnya peran apoteker dan bisa bikin bangkrut apotek,” jelasnya.

Irma sendiri berpendapat, wacana peraturan ini perlu dilakukan pembahasan lebih matang. Karena, larangan dispensing untuk semua kondisi dan tempat juga dianggap tidak tepat dan bertabrakan dengan UU.

Namun, di sisi lain untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan obat yang berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan pasien, juga harus diatur kembali dengan ketat syarat-syarat izin praktek dokter melalu Permen. (Albar)‎

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.