Minggu, 15 September 19

Untuk Bisa Lolos Ambang Batas Parlemen, Hanura Butuh 6 Juta Suara

Untuk Bisa Lolos Ambang Batas Parlemen, Hanura Butuh 6 Juta Suara
* Pembekalan caleg Partai Hanura 2019-2024. (Foto: partaihanura.or.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) sebesar 4 persen cukup memberatkan bagi partai-partai kecil untuk bisa lolos ke parlemen. Partai Hanura merupakan salah satu partai yang diprediksi tidak lolos.

Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar mengatakan, untuk bisa lolos ambang batas parlemen partainya butuh enam juta suara. Pada Pemilu 2014 Hanura meraih 6,5 juta (6.579.498) suara.

“Untuk lolos PT empat persen, partai harus mendapatkan enam juta suara. Sedangkan tahun 2014 yang lalu Hanura mendapatkan 6,5 juta suara,” kata Herry saat ditemui di kantor DPP Hanura, City Tower Thamrin, Menteng, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Perhitungan Herry tersebut didasarkan pada DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada 2019 sebesar 192 juta. Herry menyimulasikan, jika terdapat 150 juta suara sah (angka partisipasi 78 persen), maka empat persen dari suara tersebut adalah enam juta.

“Kalau DPT ada 192 juta, katakanlah partisipasinya 150 juta. Maka empat persennya adalah enam juta,” kata Herry.

Selanjutnya Herry juga menjelaskan hitungan kasar pemilih Hanura. Setidaknya ada tiga faktor yang harus diperhatikan. Pertama, kader Hanura yang tercatat ke dalam struktur partai, jumlahnya mendekati dua juta orang.

Kedua, di seluruh Indonesia Hanura memiliki 20 ribu caleg. Jika masing-masing caleg menyumbang 100 suara, maka Hanura akan mendapat tambahan dua juta suara.

Ketiga, saksi Hanura yang tersebar di seluruh Indonesia mencapai 801 ribu. Dengan penjumlahan ketiga hal tersebut Herry menghitung Hanura sudah mendapatkan hampir lima juta suara.

“Untuk struktur Hanura, sudah ada lebih dari satu juta orang, mendekati dua juta. Selain itu, nanti kita (Hanura) punya 20 ribu caleg di seluruh Indonesia. Kalau masing-masing caleg mendapatkan 100 suara, maka Hanura mendapatkan tambahan dua juta suara. Keduanya sudah mendekati empat juta suara. Ditambah juga 801 ribu saksi. Maka totalnya sudah hampir lima juta,” kata Herry.

Ata peluang itu, ia optimistis, partainya akan melampaui ambang batas parlemen. Herry juga optimis bahwa partainya mampu mengantongi lebih dari 6,5 juta suara.

Sebelumnya, LSI Denny JA menyampaikan bahwa elektabilitas Hanura masih di bawah satu persen, tepatnya adalah 0,5 persen. Oleh karena itu, Hanura dikhawatirkan tidak bisa melewati ambang batas parlemen.

Meskipun demikian, Herry tetap menghargai hasil survei yang dirilis LSI Denny JA. Namun, Herry juga mempertanyakan dari mana angka 0,5 persen itu. Pasalnya, perhitungan Herry menunjukkan elektabilitas Hanura lebih dari itu. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.