Kamis, 25 April 24

Unpad Terapkan Pendidikan Anti Korupsi Pada Calon Mahasiswa Baru

Unpad Terapkan Pendidikan Anti Korupsi Pada Calon Mahasiswa Baru

Bandung, Obsessionnews – Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung terapkan pendidikan anti narkoba, anti korupsi dan anti terorisme pada calon mahasiswa baru. Demikian disampaikan ujar Sekretaris Umum Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2015, Dr. Rd. Dudi Heryadi di sela acara Rapat Kerja Persiapan PMB Unpad Tahun 2015, Jumat (3/7) di Hotel Radiant, Lembang.

Menghadapi masa prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2015/2016, Unpad akan melakukan beberapa penyesuaian kegiatan saat pelaksanaan Prosesi PMB, Agustus mendatang. Penyesuaian ini berdasarkan Surat Keputusan Ditjen Dikti No.25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru.

Menurut Dudi, ada 7 rancangan materi yang akan diberikan kepada calon mahasiswa baru Unpad, yaitu anti narkoba, anti korupsi, anti terorisme, literasi informasi, pengembangan softskill, aspek kesundaan, dan aspek ke-Unpad-an.

Ia menejlaskan, untuk materi terkait anti narkoba, anti korupsi, dan anti terorisme merupakan materi kebangsaan yang disarankan oleh Dikti. Sementara materi lainnya merupakan terjemahan dari tema budaya dan pengenalan PT yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal Unpad.

“Materi-materi tersebut akan menyasar pada peningkatan wawasan mahasiswa tentang bahaya narkoba, korupsi, dan terorisme, sikap etika mereka ketika berkuliah, hingga membuat mereka akan selalu ingat kepada Unpad,” ujarnya.

Dudi menjelaskan, tujuh rancangan materi ini masih dalam tahap pembahasan oleh para pendamping kemahasiswaan dan tim Pusat Pengembangan Kegiatan dan Kreativitas Mahasiswa (P2K2M) Unpad melalui rapat kerja yang digelar hingga Sabtu (04/07). Pembahasan tersebut mencakup mekanisme pemberian materi dan orang-orang yang terlibat dalam pemberian materi tersebut.

Sementara itu dalam rapat kerja tersebut menghadirkan pembicara Sandri Justiana, Spesialis Pendidikan Masyarakat dari KPK, dan Wuryanto Sugiri, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat, serta para pakar terkait dengan materi yang akan diberikan. Pembicara tersebut dihadirkan untuk memberikan gambaran mengenai materi sehingga akan dihasilkan metode pengajaran yang efektif.

Lebih lanjut Dudi menuturkan, untuk pengajaran materi ini, mahasiswa baru akan dikelompokkan secara heterogen ke tiap-tiap fakultas. Setiap kelompok terdiri atas mahasiswa baru dari seluruh fakultas di Unpad.

“Ini atas arahan Rektor, mahasiswa baru itu sebaiknya mengenal lingkungan. Tidak hanya mengenal bidang ilmunya saja, tapi harus menumbuhkan networking,” tambah Dudi.

Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., mengatakan, ada kolaborasi keterlibatan para civitas akademika Unpad pada saat pemberian materi tersebut. Kolaborasi tersebut melibatkan program studi, mahasiswa, dan fakultas.

“Ini juga sesuai dengan slogan Unpad ngahiji Unpad kahiji yang dicanangkan,” kata Dr. Heryawan.

Selain pemberian materi, Dr. Heryawan mengatakan, prosesi PMB Unpad 2015 direncanakan juga akan dihadiri oleh pimpinan daerah di provinsi Jabar. “Kalau tidak halangan, mereka nanti akan menyematkan jaket almamater ke mahasiswa baru yang berasal dari daerahnya,” kata Dr. Heryawan. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.