Rabu, 20 Oktober 21

Unpad MTR 2021 Digelar untuk yang Rindu Lomba

Unpad MTR 2021 Digelar untuk yang Rindu Lomba
* Unpad Manglayang Trail Running (MTR) 2021 yang berlangsung Minggu, 19 September 2021. (Foto: ist)

Sumedang, obsessionnews.com – Meski masih dalam masa pandemi, pencarian informasi lomba lari di internet tetap tinggi. Kerinduan sejumlah pelari sedikit terobati karena bisa mengikuti race nyata, bukan virtual seperti sejumlah event lari digelar di saat pandemi Covid 19. Sekitar 150 pelari mengikuti kategori 21 Km dan 42 Km dalam event Unpad Manglayang Trail Running (MTR) 2021 yang berlangsung Minggu, 19 September 2021 dengan start dan finis di Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), dan lintasan di Gunung Manglayang.

 

 

Race lari trail yang diselenggarakan oleh Yayasan Palawa Indonesia dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad ini akhirnya sukses digelar setelah tertunda dari rencana semula pada 27 Juni 2021. Unpad MTR 2021 menjadi offline race pertama mendapat rekomendasi dari Dispora Jawa Barat melalui surat rekomendasi yang diterbitkan secara khusus beberapa bulan lalu.

 

 

Dispora Jabar memandang kegiatan ini sebagai bagian dari olahraga rekreasi atau sport tourism yang akan mendatangkan manfaat bagi Jabar. Sebagai catatan, jumlah wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik yang berkunjung ke Jabar ahun 2019 mencapai 68.256.265 orang. Pada tahun 2020 jumlah wisatawan mengalami penurunan 49,57% dibandingkan tahun 2019 menjadi 37.419.029 orang. Penurunan jumlah wisatawan di Jabar pada tahun 2020 disebabkan pandemi Covid-19 yang membuat wisatawan menunda dan membatalkan kunjungannya ke luar daerah. Pada tahun 2021 sampai dengan triwulan pertama, data menunjukkan penurunan 45% dibandingkan triwulan yang sama pada tahun 2020.

 

 

Rekomendasi atas kegiatan ini pun datang dari Dispora Jabar, selain juga dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pihak berwenang di Sumedang, dan juga Kampus Unpad memberi lampu hijau untuk menyelenggarakan acara yang digagas oleh Yayasan Palawa Indonesia (YPI) berkolaborasi dengan IKA Unpad ini. Selain itu, IdeaRun selaku pengelola Unpad MTR melaksanakan kegiatan ini dengan mematuhi peraturan terkait kondisi pandemi, termasuk Surat Keputusan Gubernur Jabar tentang Protokol Kesehatan untuk Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 dan juga CHSE Kemenparekraf.

 

 

“Kami melakukan cek terhadap perlengkapan wajib ini dalam beberapa kesempatan, termasu secara random dilakukan di rute lari,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun yang juga bertindak sebagai race director kegiatan ini. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.