Selasa, 21 September 21

Unpad dan Kompas Gramedia Jajaki Kerjasama

Unpad dan Kompas Gramedia Jajaki Kerjasama

Bandung, Obsessionnews – Universitas Pajajaran (Unpad) menjadin kerjasama dengan Kompas Gramedia. Kerjasama tersebut  sebagai upaya mencapai target mewujudkan kerja sama Pentahelix. Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad bertemu dengan perwakilan Kompas Gramedia di Hotel Santika Bandung, Selasa (30/06) kemarin.

“Ini opportunity. Kami memang memiliki kebutuhan, bagaimana dengan kekuatan media mampu meningkatkan kualitas pendidikan bangsa,” ujar Rektor

Dalam kesempatan tersebut, hadir Corporate Communication Director Kompas Gramedia, Widi Krastawan, Corprate Human Resources Kompas Gramedia B. Sigit Suryanto, pimpinan unit kerja Kompas Gramedia, serta pimpinan unit kerja di lingkungan Unpad.

Lebih lanjut Rektor menuturkan, peran media saat ini menjadi penting guna menghilirkan beberapa capaian yang dilakukan Unpad. Sebab, semakin ke depan Unpad tidak hanya melakukan aktivitas di lingkup perguruan tinggi saja.

“Resources kami memang terbatas. Kalau kita bisa membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, saya kira akan semakin luar biasa,” kata Rektor. Untuk itu dalam pertemuan tersebut Rektor membahas beberapa tawaran kerja sama dengan Kompas Gramedia. Kerja sama tersebut untuk menjawab kompleksitas tantangan yang akan dihadapi Unpad maupun Kompas Gramedia ke depan.

Melalui pendekatan transformatif, Rektor akan menjadikan Unpad sebagai open extended campus. Dengan konsep ini para pemangku kepentingan dapat menjadi bagian dalam pengembangan keilmuan di Unpad.

Unpad dengan Kompas Gramedia sudah melaksanakan beberapa kerja sama, seperti pelaksanaan beberapa event Kompas Kampus, media partner bagi beberapa acara di Unpad. Kompas sendiri menawarkan untuk membuka Kompas Corner di Unpad, wahana koneksi dengan Pusat Informasi Kompas (PIK), akses e-paper gratis, yang diharapkan dapat memudahkan aktivitas pembelajaran civitas akademika Unpad.

Selain kerja sama tersebut, Sigit Suryanto menambahkan, kerja sama Unpad-Kompas Gramedia juga ingin merambah pada aktivitas riset. “Dari segi SDM, Unpad punya mahasiswa dan akademisi. Kami sendiri punya pasukan yang siap dikolaborasikan,” kata Sigit.

Menurut Sigit, Kompas Gramedia juga memiliki kesamaan idealisme dengan Unpad, yaitu turut serta membantu mencerdaskan bangsa. Sehingga, kesamaan ini akan menjadi pendorong kerja sama yang berkualitas antara Unpad dengan Kompas Gramedia.

“Kita memang butuh akademisi, karena value itu harus benar-benar kita hidupkan,” ujar Sigit. Untuk itu, pihaknya akan membahas lebih jauh terkait kerja sama apa yang akan direalisasikan dengan Unpad. Sigit pun siap membidik Jawa Barat sebagai lokasi riset guna meningkatkan kualitas pendidikannya.

Di akhir pertemuan, Rektor berharap kerja sama ini dapat menjadi momentum peningkatan kualitas Unpad menjelang Dies Natalis ke-58. “Pada saat momentum Dies, Unpad dan Kompas diharapkan bisa berbuat sesuatu untuk Jawa Barat,” kata Rektor. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.