Rabu, 24 April 24

UNP Buka Fakultas Pariwisata dan Perhotelan

UNP Buka Fakultas Pariwisata dan Perhotelan

Padang, Obsessionnews – Industri pariwisata tidak akan ada habisnya. Prospek ke depan di sektor itu dinilai semakin menggeliat, apalagi didukung dengan potensi pariwisata yang memadai.

Sumatera Barat (Sumbar) memiliki potensi objek pariwisata. Apabila dikemas dan dikelola dengan baik, akan dapat meningkatkan income dan perekonomian masyarakat.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Phil Yanuar Kiram mengatakan, Sumbar memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Potensi yang luar biasa itu, di dukung dengan keberagamana kuliner yang memadai. Potensi yang dimiliki tidak akan memberikan dampak yang berarti jika tidak dibangun tenaga ahli dibidangnya.

Untuk menciptakan tenaga ahli dibidang itu, UNP mendirikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

Fakultas yang diresmikan Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan. Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Patdono Suwignjo dengan harapan melahirkan tenaga ahli dan terampil sekaligus bersertifikat, sehingga ke depan tidak hanya menciptakan lapangan kerja di dalam negeri, juga merambah ke luar negeri.

“Sumbar memiliki potensi yang luar biasa untuk pariwisata. Budayanya unik sekali dan kulinernya terkenal di mana-mana,” ujar Phil Yanuar Kiram usai peresmian, Selasa (13/10).

Sementara itu, Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan. Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Patdono Suwignjo mengatakan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendukung penuh UNP mendirikan fakultas Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

“Alasannya karena potensi pariwisata di Sumbar sangat tinggi sehingga memerlukan tenaga ahli. Kemudian UNP bersungguh-sungguh mendirikan sekaligus mengelolanya, sehingga Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan kepercayaan kepada UNP mengelola pendidikan fakultas Pariwisata dan Perhotelan,” kata Patdono Suwignjo.

Cikal bakal Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP sudah lahir sejak tahun 2009. Saat itu, sebagai salah satu jurusan di UNP. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.