Sabtu, 20 April 24

Universitas Lambung Mangkurat Cetak SDM Unggul

Universitas Lambung Mangkurat Cetak SDM Unggul
* Universitas Lambung Mangkurat menjalin kerja sama dengan Cambridge University. (Foto: Istimewa)

Mulai tahun depan Sutarto mewajibkan setiap dosen harus meneliti sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bahkan rektorat akan menyiapkan dana minimal Rp20 miliar dari anggaran universitas untuk kegiatan penelitian.

“Sehingga, kalau seluruh dosen meneliti, dalam setahun paling tidak ada 300 sampai 400 judul penelitian yang bisa masuk di jurnal nasional dan internasional serta mendapat hak paten juga lebih banyak,” terang kelahiran Banjarmasin, 31 Maret 1966 ini.

Lebih lanjut Sutarto menuturkan, sandaran terakhir kita adalah pendidikan. Sekolah punya tanggung jawab besar menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab yang bahkan lebih besar, menjadikan lulusan sekolah menengah menjadi SDM yang kreatif, inovatif, dan kompetitif. Tak kalah penting, tanggung jawabnya untuk menciptakan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Karenanya, ia pun selalu mendukung mahasiswanya untuk berkarya. Upayanya berbuah manis, di antaranya Wasaka Team yang beranggotakan 16 mahasiswa Fakultas Teknik ULM yang berasal dari sejumlah prodi, yakni Prodi Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, dan Teknik Pertambangan berhasil menciptakan mobil listrik. Mobil ramah lingkungan tersebut pun kini sudah digunakan untuk operasional kampus.

“Tren sekarang memang mobil listrik. Jadi, kami berikan dukungan penuh pendanaan pembuatannya. Ini prototipe pertama, tapi saya berharap mobil ini terus dikembangkan menjadi city car atau sejenisnya dengan kecepatan yang lebih bagus,” harapnya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.