Rabu, 8 Desember 21

Unik! Upacara Air Peringati HUT Ke-71 RI di Danau UI

Unik! Upacara Air Peringati HUT Ke-71 RI di Danau UI
* Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jakarta Selatan memperingati HUT ke-71 RI dengan menggelar upacara air di Danau Mahoni, Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (17/8/2016)..

Depok, Obsessionnews.com – Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengekspresikan bentuk suka cita dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2016).

Organisasi Latihan Gabungan Arung Jeram Mahasiswa Pecinta Alam (Latgab Arjer Mapala) Jakarta dan sekitarnya bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI)  Jakarta Selatan memperingati HUT ke-71 RI dengan cara yang unik! Keduanya menyelenggarakan upacara air di Danau Mahoni, Universitas Indonesia (UI), Depok.

Pelaksanaan upacara ini tidak jauh berbeda dengan upacara di lapangan pada umumnya, yakni para peserta tetap membentuk barisan dan mengikuti setiap perintah komandan upacara. Yang membedakannya adalah para peserta upacara berdiri diatas perahu karet dan para pengibar bendera menaikkan bendaranya dengan cara bergelantungan pada tali dari Jembatan Teksas UI Depok.

Bertemakan membangun rasa kesadaran dan semangat nasionalisme melalui gerakan pelestarian alam, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya bagi komunitas ini.

Tidak hanya melaksanakan upacara air, kegiatan ini juga melakukan beberapa rangkaian acara lain, diantaranya aksi bersih danau, penyebaran benih ikan dan lomba dayung.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (mapala) yang ada di Jakarta Selatan, di antaranya Astadeça (Politeknik Negeri Jakarta), KAPA FT UI (Fakultas Teknik Universitas Indonesia), Raflesia (Universitas Indraprasta), Balukuwana (Polimedia), Patuha (FT-Uhamka), Wanaçala (Universitas Atmajaya), Bimover (Kwin Kian Gie School of Business), Talaseta (Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila), Girigaha (UPN Veteran Jakarta), Arkadia (UIN Syarief Hidayatullah) dan Mapa Gunadarma (Universitas Gunadarma). Pelaksanaan upacara air ini dipimpin oleh Raga Esaning Pamungkas. (Puspa, mahasiswa IPB, dan saat ini magang di Obsession Media Group)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.