Minggu, 25 September 22

Umumnya Pesawat Jatuh Karena Lima Penyebab Ini

Umumnya Pesawat Jatuh Karena Lima Penyebab Ini
* Ilustrasi pesawat jatuh. (foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 mengingatkan kembali sejumlah peristiwa sama terhadap dunia penerbangan di Indonesia. Sebab kejadian pesawat jatuh di Indonesia bukan kali pertama. Demikian juga di dunia.

Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 memang belum bisa teridentifikasi apa penyababnya karena kotak hitam belum ditemukan. Namun, jika mengacu kepada beberapa kasus yang sudah terjadi di dunia, setidaknya ada lima penyebab yang secara umum mengakibatkan pesawat jatuh atau mengalami gangguan.

Pertama, kesalahan pilot

Karena pesawat terbang kini semakin dapat diandalkan, proporsi kecelakaan yang timbul akibat kesalahan pilot kian meningkat dan kini mencapai 50%. Pesawat terbang terdiri dari mesin-mesin kompleks yang memerlukan banyak pemeliharaan.

Karena pilot secara aktif terlibat dengan pesawat pada tiap tahap penerbangan, ada banyak kesempatan untuk terjadinya kesalahan, dari kegagalan untuk memprogram dengan benar flight-management computer (FMC) hingga salah hitung bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengangkat pesawat.

Meskipun kesalahan demikian patut disesali, penting untuk mengingat bahwa pilot berperan sebagai garis pertahanan terakhir saat terjadi suatu kesalahan besar.

Pada Januari 2009, sebuah Airbus A320 dihantam sekawanan angsa di atas Kota New York. Dengan mesin yang tidak menyala, Kapten Chesley Sullenberger harus dengan cepat mempertimbangkan berbagai hal dan membuat suatu keputusan.

Berdasarkan jam terbang yang panjang serta pengetahuan atas kemampuan penanganan pesawat, dia memilih mendaratkan pesawat di Sungai Hudson.

Sebanyak 150 penumpang pesawat tersebut tidak diselamatkan oleh komputer atau sistem otomatis lain. Mereka justru diselamatkan oleh dua pilot komponen yang disebut-sebut dapat tergantikan oleh komputer dan para ground controller atau pemandu daratan.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.