Kamis, 6 Agustus 20

UMKM Diminta Pulihkan Perekonomian Indonesia di Sektor Pariwisata Lewat Kebijakan Pemerintah

UMKM Diminta Pulihkan Perekonomian Indonesia di Sektor Pariwisata Lewat Kebijakan Pemerintah
* Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.comPelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diharapkan mampu mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia di sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif dari dampak pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaku UMKM diminta memanfaatkan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Baca juga: Kemenparekraf Minta Pelaku Pariwisata Manfaatkan Kebijakan Pemerintah

“Pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat mengakses program bantuan yang telah disiapkan pemerintah,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Senin (6/7/2020).

Dia menjelaskan, pemerintah sebelumnya telah menyiapkan lima skema perlindungan dan pemulihan ekonomi bagi sektor UMKM. Termasuk program khusus bagi pelaku usaha ultra mikro yang diharapkan dapat membuat mereka dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Kemenparekraf sendiri memiliki program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) yang menyasar UMKM di beberapa subsektor yang telah ditetapkan. Yakni kuliner, fesyen, kriya, aplikasi, film animasi dan video, game developer, serta pariwisata (khususnya desa wisata).

Baca juga: Kemenparekraf Ajak Pelaku Pariwisata Ciptakan Ide Baru Hadapi Era New Normal

“Untuk tahun 2020 ini kami menyiapkan dana sebesar Rp24 miliar untuk pendukungan pengembangan UMKM lewat program Bantuan Insentif Pemerintah,” kata Wishnutama. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.