Selasa, 25 Januari 22

Ully Sigar: Banyak Situs Tak Tergantikan di Waduk Jatigede

Ully Sigar: Banyak Situs Tak Tergantikan di Waduk Jatigede

Sumedang, Obsessionnews – Warga yang tanahnya terkena proyek waduk Jatigede Sumedang kini resah. Keresahan warga karena banyak situs bersejarah akan punah. Selain menyayangkan punahnya situs, korban dari proyek waduk ini juga mengeluhkan penggantian tanah yang belum lunas.

“Penggantian tanah untuk keluarga saya juga belum beres,” kata Pendi (36), warga terdampak, Jumat (31/7/2015)

Sementara itu Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Cagar Budaya, Ully Sigar didampingi Paramitha Rusadi saat berkunjung ke Sumedang menilai, keyakinan masyarakat tatar sunda akan situs-situs bersejarah tidak dapat tergantikan keberadaannya oleh apapun.

“Situs sangat  fundamental untuk menuju tatanan kenegaraan  yang adil dan makmur,” kata Ully.

paramitha rusadi-1

Ully mengaku tidak ada maksud menentang program pemerintah, pihaknya tidak menginginkan terganggunya situs cagar budaya dan makam leluhur di Sumedang.

Salah satu situs atau Cagar Budaya itu adalah makam prabu Guru Adji Putih sekitar abad ke-7 seorang raja dari kerajaan Tembong Agung cikal bakal kerajaan Sumedang Larang yang merupakan titik singgung paling utama kesatuan gunung-gunung di pulau Jawa.

Selain itu ada 33 situs dari 48 situs yang terendam di waduk tersebut apabila pembangunan terus dipaksakan. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.