Sabtu, 20 April 24

Ulee Lheu, Pantai Favorit Masyarakat Aceh

Ulee Lheu, Pantai Favorit Masyarakat Aceh

Banda Aceh, Obsessionnews – Ulee Lheu merupakan salah satu objek wisata di kecamatan Meuraxa Banda Aceh yang memiliki keunikan tersendiri, pantai yang memiliki tanggul ini merupakan salah satu tempat favorit masyarakat Banda Aceh dan Aceh besar. Selain akses yang sangat mudah letak pantai Ulee Lheu ini sangat dekat dari pusat kota Banda Aceh hanya beberapa kilometer saja. Pantai ini terletak disebalah ujung utara Kota Banda Aceh dan tempat ini ramai dikunjungi warga setiap sore, terutama akhir pecan.

Menikmati alam sambil melihat sunsut (matahari terbenam) merupakan daya tarik sendiri dari pantai ulee Lheu ini. Bila memandang jauh kearah lautan maka akan terlihat dari kejauhan tampak Pulau Weh dan Pulo Aceh yang membentuk gugusan di tengah laut. Beberapa perahu nelayan juga terlihat melintas. Begitu juga dengan kapal tanker yang membawa muatan dalam jumlah besar.

Menikmati jagung bakar, kelapa muda serta aneka jajanan lainnya membuat aktifitas ekonomi tidak henti-hentinya setiap hari di lokasi wisata ini, padahal pantai Ulee Lheu saat 26 desember 2004 silam, kawasan ini merupakan salah satu daerah terparah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami. Ribuan warga dan rumah penduduk menjadi korban kedahsyatan bencana alam tersebut. Sepuluh tahun lebih telah berlalu, Ulee Lheue tetap menjadi lokasi wisata yang tidak pernah sepi seharipun.

Pantauan obsessionnews.com di Ulee Lheu, banyak sekali yang berkunjung, salah satunya adalah Riki, salah satu mahasiswa di Universitas Syiah Kuala. Hampir setiap hari datang ke Ulee Lheu untuk berkunjung ke daerah paling ujung di utara Banda Aceh itu. “Biasanya menghabiskan waktu bila suntuk di kos, bersama teman-teman seru-seruan disini. Ini merupakan tempat favorit kami selain warung kopi arabika. Pemandangan indah serta ramai, apalagi saat sunset,” kata Riki.

Riki Pengunjung Ulee Lheu
Riki Pengunjung Ulee Lheu

Hal ini senada juga disampaikan oleh Ari, salah satu mahasiswa di Banda Aceh dan juga Atlit sepakbola ini mengatakan kepada obsessionnews.com tentang kebiasaannya meluangkan waktu untuk mengunjngi pantai Ulee Lheu ini.

“Setelah lelah beraktifitas biasanya kami menghabiskan waktu bersama teman-teman disini. Saya suka bakso bakar, malah saya sering bela-belain datang kesini hanya untuk beli bakso bakar doang, setelah itu langsung pulang,” cerita Ari yang hamper setiap hari juga mengunjungi pantai Ulee Lheu ini.

“Hal yang membuat saya sangat tertarik disini adalah bila sunset tiba, landscape nya dapat banget. Kalau untuk hunting view sunset, pas banget bang,” tambah Ari yang mempunyai hobi hunting dengan kameranya. (Agung Sanjaya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.