Kamis, 2 Desember 21

Ulama Aceh Berkumpul di Konferwil NU

Ulama Aceh Berkumpul di Konferwil NU
* Saat pembahasan komisi yang dilakukan secara kelompok.

Banda Aceh, Obsessionnews – Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Aceh menggelar konferensi wilayah (konferwil) XIII yang berlangsung 17-19 April 2015 di Asrama Haji Banda Aceh. Agenda konferwil XIII untuk mengevaluasi PWNU periode lalu, membahas program kerja PWNU Aceh ke depan, dan memperkuat peran organisasi di bidang pendidikan dan keagamaan serta sosial.

Acara dihadiri oleh Ketua Umum PBNU, Wali Nanggroe, Pemprov Aceh beserta Muspida, unsur PWNU Aceh, PCNU kabupaten/kota se-Aceh, Badan Otonom, lembaga dan Lajnah NU tingkat provinsi.

Konferwil XIII PWNU Aceh dibuka langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dalam kata sambutannya menjelaskan kepada ratusan kader Nahdlatul Ulama (NU) beberapa hal masalah pokok yang dihadapi masyarakat Aceh seperti permasalahan narkoba, aliran sesat (pendangkalan aqidah), penegakan syari’at islam secara kaffah dan lain-lain.

“Di tengah kondisi bangsa yang saat ini sedang menghadapi era globalisasi yang penuh dengan berbagai tantangan, NU merupakan organisasi keagamaan yang strategis dengan konsep dan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kita harus berbuat untuk ummat, khususnya masyarakat Aceh,” papar Zaini di hadapan warga nahdiyin dalam Konferwil PWNU di Asrama Haji, Banda Aceh, Jumat, 17 April 2015.

Pembukaan Komfrwil PWNU Aceh
Pembukaan Komfrwil PWNU Aceh

Sementara ini, dalam pemilihan Ketua Tanfidziyah PWNU Aceh periode 2015-2020. Menurut informasi yang dihimpun oleh obsessionnews.com, saat ini setidaknya sudah ada beberapa kandidat yang menguat sebagai calon Ketua Tanfidziyah PWNU Aceh yaitu Tgk. H. Faisal Ali (Ketua Tanfidziyah PWNU Aceh saat ini), Drs H. Ibnu Sa’dan M. Pd (Kepala Biro AUAK IAIN Zawilayah Cot Kala, Kota Langsa) dan Dr. Bustami Usman SH M.Si yang saat ini menjabat Kepala Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Aceh), Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Ag (Pembantu Rektor UIN Ar Raniry), dan beberapa nama lagi yang muncul.

“Sampai sekarang, ada beberapa nama yang muncul untuk maju sebagai kandidat Ketua Tanfidziyah PWNU Aceh,” ujar Ketua Panitia Konferwil XIII PWNU Aceh, Drs. Ibnu Sa’dan kepada obsessionnews.com, sabtu (18/4).

Ibnu menjelaskan peluang kandidat tersebut sangat besar, pengaruh dan ketokohan para kandidat masing-masing mempunyai peluang yang sama untuk dipilih dalam konferwil. Mereka akan memperebutkan 24 suara yang punya hak pilih yaitu 23 Pengurus Cabang NU (PCNU) kabupaten/kota ditambah satu suara dari PWNU Aceh.

Ia pun menginformasikan bahwa acara penutupan konferwil XIII PWNU Aceh akan dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

“Beliau akan hadir sekaligus akan menutup kegiatan ini. Ba’da dzuhur insyaAllah beliau sudah bersama di tengah-tengah kita warga nahdliyin,” jelas Ibnu.

Dalam rangka Konferwil XIII ini, PWNU Aceh juga akan melaksanakan serangkaian kegiatan sosial seperti ziarah ke kuburan tokoh-tokoh NU dan Aceh, donor darah, seminar nasional, dan santunan anak yatim keluarga warga nahdliyin. (Agung Sanjaya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.