Minggu, 7 Maret 21

UKM Harus Mampu Tangkap Peluang Teknologi Inovasi

UKM Harus Mampu Tangkap Peluang Teknologi Inovasi
* Sekretaris Kemenkop UKM Meliadi Sembiring menyampaikan sambutan dalam acara Indonesia-Korea, SMEs Business Innovation Forum di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM mengharapkan UKM Indonesia bisa menangkap peluang kerja sama dan bantuan teknologi inovasi yang ditawarkan Korea melalui lembaga kerjasama antara kedua negara seperti Innobiz maupun ASEM SMEs Eco-Innovation Center.

“Sudah saatnya UKM Indonesia bisa menangkap peluang itu untuk meningkatkan kapasitasnya,” ujar Sekretaris Kemenkop UKM Meliadi Sembiring dalam sambutan Indonesia-Korea, SMEs Business Innovation Forum di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Ia berharap forum tersebut mampu menghasilkan kolaborasi yang saling menguntungkan dan pihaknya siap mendukung kerja sama yang lebih erat dalam upaya mendorong pertumbuhan UKM kedua negara secara berkelanjutan.

Sebelum, business forum ini, Korea sudah menggelar global innovation forum, pertukaran teknologi, dan business matching, antara perusahaan Korea dengan UKM Indonesia.

“Indonesia punya 62,5 juta UKM, juga banyak sumber daya, SDM saja mencapai 250 juta dan sumber daya alam, laut yang begitu luas dari barat ke timur. Sementara Korea punya teknologi tinggi, kita bisa match-kan, ini kombinasi yang baik, win win solution,” katanya.

Menurut Meliadi, perusahaan Korea di Indonesia khususnya di jabotabek saja sudah sekitar 2.000 perusahaan. 

“Mereka bisa terus menjalankan bisnisnya, sambil mencari partner, alih teknologi khususnya teknologi inovasi, juga bisa menjalankan jiwa sosialnya pada UKM Indonesia,” katanya.

Ia berharap melalui rangkaian acara yang sudah digelar, dari forum business sampai technical exchange tersebut dapat semakin memperkuat UKM dari sisi eco-innovation sehingga semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan yang berkelanjutan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.