Jumat, 22 Oktober 21

Ukir Sejarah, Jasa Marga Layani Lalin Arus Balik Lebaran Tertinggi

Ukir Sejarah, Jasa Marga Layani Lalin Arus Balik Lebaran Tertinggi
* Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. (Dok: Jasa Marga)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Jasa Marga (Persero) mencatat sebanyak 130.125 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama pada H+3 Lebaran 1439 H yang jatuh pada Selasa (19/6/2018).

Siaran pers Jasa Marga, Rabu (20/6), menyebutkan jumlah tersebut meningkat 82% dari volume lalu lintas (lalin) harian normal sebanyak 71.398 kendaraan. Jumlah ini merupakan jumlah lalu lintas tertinggi arah Jakarta yang pernah dilayani Jasa Marga melalui GT Cikarang Utama. Ini artinya Jasa Marga mengukir sejarah.

Dalam menghadapi tingginya volume lalin arus balik pada H+3 Lebaran (19/6) Jasa Marga mengoptimalkan kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama arah Jakarta. Sebelumnya mengoperasikan 29 gardu menjadi total 33 gardu yang keseluruhannya di dedikasikan dalam melayani pengguna jalan ke arah Jakarta, dan penggunaan 15 mobile readern secara non stop untuk mempercepat waktu transaksi.

Keberhasilan Jasa Marga dalam melayani arus balik kali ini juga didukung penuh oleh pihak kepolisian yang terwujud dalam rekayasa lalin untuk meningkatkan kapasitas lajur dengan contraflow dan one way (satu arah) pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang berhasil mencairkan kepadatan arus balik.

Sementara itu, untuk akumulasi volume lalin arus balik, sejak H+1 hingga H+3 Lebaran adalah sejumlah 336.706 kendaraan. Jumlah ini naik sebesar 57% dari jumlah lalu lintas normal 214.195 kendaraan.

Berikut adalah detail untuk H+1 dan H+2 Lebaran:
– H+1 (Senin, 18/6) sebanyak 90.447 kendaraan, naik sebesar 26,7% dari lalu lintas normal sebesar 71.398 kendaraan
– H+2 (Selasa, 19/6) sebanyak 116.104 kendaraan, naik sebesar 62,6% dari lalu lintas normal sebesar 71.398 kendaraan.

Untuk perjalanan arus balik yang lebih nyaman, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas.

Caranya dengan mengecek kondisi lalin melalui aplikasi JMCARe atau aplikasi monitoring lalulintas lainnya. Diketahui hingga saat ini masih ada 53% dari total pengguna jalan yang belum kembali ke Jakarta.

Total akumulasi lalin yang telah kembali ke Jakarta hingga H+3 Lebaran adalah sebesar 47% dari seluruh total 720.245 kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah Timur melalui GT Cikarang Utama dari H-8 hingga H-1 Lebaran. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.