Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

UGM Peringkat 20 Besar Perguruan Tinggi di Asia Tenggara

UGM Peringkat 20 Besar Perguruan Tinggi di Asia Tenggara
* Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. (Foto: Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, berhasil menembus peringkat 201-250 di Asia dan peringkat 20 besar di Asia Tenggara dalam peringkat Times Higher Education (THE) yang dirilis beberapa hari lalu.

Dalam keterangan resmi Humas UGM, Selasa (13/2/2018),  disebutkan UGM menjadi satu dari tiga perguruan tinggi Indonesia yang menempati peringkat tersebut. Sedangkan kedua perguruan tinggi lainnya adalah Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah mengikutsertakan diri dalam pemeringkatan ini beberapa tahun sebelumnya.

“Ini adalah tahun pertama UGM mengikuti pemeringkatan THE dan langsung menduduki posisi 201-250 Asia dan 20 besar Asia Tenggara, setara dengan perguruan tinggi lain di Indonesia yang sudah lebih dulu mengikuti dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma, Senin (12/2).

Indra mengungkapkan, untuk tahun pertama keikutsertaan UGM hasil ini sudah cukup baik karena menunjukkan kualitas UGM sudah cukup diakui di tingkat regional. Dalam pemeringkatan serupa di tingkat dunia yang lebih dulu dirilis beberapa bulan sebelumnya, UGM disebutkan berada pada posisi 801-1.000 dunia.

Ia menjelaskan, keikutsertaan UGM untuk dinilai melalui lembaga-lembaga survei yang ada merupakan bentuk pengakuan dunia internasional atas kualitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi di UGM dalam pengembangan iptek. Selain itu juga dilakukan untuk meningkatkan reputasi UGM di kancah internasional, yang selanjutnya dapat membuka jalan bagi berbagai bentuk kerja sama yang positif bagi UGM.

Terkait pemeringkatan yang dilakukan oleh THE, Indra mengatakan, indikator yang digunakan berbeda dengan pemeringkatan yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds maupun lembaga lainnya. Pemeringkatan yang dilakukan oleh THE, jelasnya, menggunakan lima indikator, yaitu pengajaran, riset, sitasi, pemasukan industri, serta pandangan internasional. Dari kelima indikator ini, penilaian tertinggi UGM diperoleh dalam pemasukan industri dengan nilai 60.6.

“Indikatornya memang berbeda, tapi fokusnya memang masih seputar riset, publikasi, rasio dosen, dan sebagainya,” terangnya. .

Indra berharap pada tahun-tahun mendatang peringkat UGM akan terus meningkat, hingga mencapai 800 besar di tingkat dunia dan 200 besar Asia. Dalam waktu dekat, UGM juga mulai mengumpulkan data-data yang diajukan untuk pemeringkatan dalam tahun mendatang.

“Harapan saya meningkat, sama seperti peringkat di QS yang ada peningkatan signifikan setiap tahunnya hingga terakhir di peringkat 402 dunia,” tandasnya. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.