Rabu, 21 Oktober 20

UGM Kembangkan Peternakan Ramah Lingkungan

UGM Kembangkan Peternakan Ramah Lingkungan
* Laboratorium Biokimia Nutrisi Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, melakukan pemberdayaan guna meningkatkan pemahaman peternak terkait global warming. (Foto: Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Gas metan merupakan salah satu penyebab pemanasan global (global warming). Sektor peternakan disebut menjadi salah satu produsen gas metan yang cukup tinggi, terutama ternak ruminansia, seperti sapi, kambing, dan domba. Sementara itu produksi gas metan yang terlalu tinggi juga berdampak pada penurunan produktivitas ternak sehingga menyebabkan kerugian peternak.

Pelaksanaan manajemen peternakan yang kurang baik semakin berdampak buruk terhadap kondisi tersebut. Hampir sembilan puluh persen usaha peternak dijalankan oleh dengan sistem tradisional yang belum sadar terhadap isu pemanasan global maupun metan. Hal itu disebabkan oleh tingkat pengetahuan dan serapan teknologi yang rendah menyebabkan peternakan belum dikelola secara ramah lingkungan.

Berdasarkan masalah tersebut Laboratorium Biokimia Nutrisi Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, melakukan pemberdayaan guna meningkatkan pemahaman peternak terkait global warming. Pemberdayaan itu berupa pelatihan upaya mitigasi serta transfer teknologi tepat guna yang mudah diterapkan peternak.

Koordinator program Prof. Dr. Ir. Lies Mira Yusiaiti, S.U. IPU memaparkan teknologi sederhana dapat dilakukan peternak untuk menurunkan produksi gas metan pada ternak ruminansia.

“Upaya itu dapat dilakukan dengan manipulasi dan perbaikan pakan yang akan diberikan kepada ternak,” kata Lies seperti dikutip Obsessionnews.com dari keterangan tertulis Humas UGM, Selasa (21/8/2018).

 

Baca juga:

Gantikan Putu Sudira, Koentjoro Jabat Ketua DGB UGM

Mahasiswa UGM Petik Prestasi di International Mathematics Competition

Mahasiswa UGM Unjuk Gigi di World Creativity Invention Olympic

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.