Kamis, 9 Desember 21

Tutup KAA, Jokowi: Inilah Suara Kebangkitan Asia Afrika

Tutup KAA, Jokowi: Inilah Suara Kebangkitan Asia Afrika

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi secara resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) ke-60, yang berlangsung di Jakarta Covention Center (JCC) Jakarta. Dalam sambutan penutupan tersebut Jokowi menyatakan bahwa apa yang dihasilkan dalam konferensi ini adalah suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika.

“Sekali lagi, suara-suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika. Oleh sebab itu, suara dan keputusan kita tidak dapat diabaikan oleh siapapun,” ujar presiden kepada para delegasi dan pemimpin negara, Kamis (23/4/2015).

Menurut Presiden Jokowi, KAA ke-60 ini telah berhasil merumuskan tiga kesepakatan penting. Yang pertama, Pesan Bandung, yang kedua Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Baru Asia Afrika, dan yang ketiga Deklarasi Mengenai Palestina.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas semangat dan komitmen yang mulia serta semua pihak yang telah terlibat dalam merumuskan dan penyelenggaraan pertemuan ini,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menilai, KAA ke-60 itu merupakan salah satu forum antar pemerintahan terbesar di dunia di luar Perserikatan Bagsa-Bangsa (PBB), yang dihadiri oleh negara-negara Asia, Afrika, dan beberapa negara observer. Dengan besarnya peserta KAA ini, Jokowi ingin bahwa aspirasi bersama ini bisa diabaikan oleh siapa pun.

“Kita semua mengecam aksi ekstremisme dan terorisme yang mengatasnamakan agama dan mendorong dialog budaya dan agama,” ungkap dia.

Presiden Jokowi, mengaku semua peserta telah sepakat untuk menggelorakan kembali inti perjuangan Selatan-Selatan, yaitu kesejahteraan, solidaritas, dan stabilitas negara-negara Asia Afrika. Selain itu para peserta KAA juga sepakat untuk membentuk jejaring pusat penjagaan perdamaian di kedua kawasan yang dapat memfasilitasi kerja sama peningkatan kapasitas.

“Saya juga akan bekerja dengan Anda semuanya demi kemakmuran, keadilan, ketentraman untuk seluruh warga bangsa Asia Afrika,” katanya.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.