Rabu, 26 Februari 20

Tumbuhkan Jiwa Kemanusiaan Generasi Milenial Lewat Jakhumfest

Tumbuhkan Jiwa Kemanusiaan Generasi Milenial Lewat Jakhumfest
* event Jakhumfest Dompet Dhuafa. (Foto: Dok Dompet Dhuafa)

Jakarta, Obsessionnews.comProgram kemanusiaan Dompet Dhuafa yang dikemas dengan Humanesia, sebentar lagi akan berakhir. Pada Humanesia tahun ini Dompet Dhuafa mengangkat tiga isu sekaligus sebagai progam utama. Ketiga progam tersebut ialah pembangunan Rumah Tetap (Runtap) untuk penyintas gempa Palu dan banjir bandang Lebak, lalu ada progam penyediaan dapur kemanusiaan untuk anak-anak penyintas di Palestina, dan ketiga ada progam hadiah untuk teman disabilitas.

Ketua Humanesia Dompet Dhuafa Muhammad Ikhsan mengatakan, Humanesia bertujuan untuk menumbuhkan keterlibatan publik, khususnya generasi milenial dalam gerakan berani berbagi melalui semangat kemanusiaan, kepedulian dan kekeluargaan.

“Semakin peka terhadap krisis-krisis kemanusiaan yang terjadi akhir-akhir ini,” ujar Ikhsan dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Jumat (24/1/2020).

Selain itu, Humanesia juga dapat menumbuhkan semangat di dunia kerelawanan. “Di penghujungnya Januari nanti juga akan kami gelar Jakhumfest,” tutur Ikhsan.

Selain mengampanyekan program tersebut, Dompet Dhuafa mengusung isu kemanusiaan dan lingkungan, untuk menggugah masyarakat, khususnya generasi milenial, agar peduli terhadap lingkungan, serta sesama yang masih membutuhkan.

“Karena di negeri ini, begitu rentan dengan bencana dan banyak saudara kita di pelosok Indonesia, masih menyisa trauma di dada. Bahkan, ribuan lainnya di Palu, kehilangan rumah yang ditelan bencana,” ungkap Ikhsan.

Tak hanya itu, di awal tahun ratusan keluarga di Lebak, Banten, tak tahu kemana lagi harus pulang. Rumah satu-satunya tersapu oleh dahsyatnya banjir bandang.”Di Jakhumfest kali ini, kami mengusung isu lingkungan dan kemanusiaan, serta kerelawanan sebagai topik diskusi. Mengingat bencana yang ada, tak luput dari resiko atas tak terkendalinya kerusakan lingkungan,” jelasnya.

Oleh karena itu, generasi sekarang khususnya milenial perlu tahu dan wajib menjaga kelestarian lingkungan.

Ketua pelaksana event Jakhumfest Dompet Dhuafa Taufan Yusuf Nugroho menambahkan, Biar lebih menarik soal ajakan dan semangat menjaga lingkungan, serta menumbuhkan jiwa kemanusiaan maupun kerelawanan, Dompet Dhuafa tularkan melalui event Jakhumfest, yang digelar pada 26 Januari 2020 mendatang di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

“Jangan lupa meriahkan acara Jakhumfest ya,” tutur Taufan.

Di hari itu, Dompet Dhuafa akan menghadirkan Humanitalk, Workshop, Bazaar Prelove, dan Sound of Humanity. Sejumlah musisi dan pembicara, akan memeriahkan puncak dari bulan kemanusiaan tersebut.

Di antaranya Navicula, V1MAST dan Chiki Fawzi, didapuk mengisi kemeriahan panggung Sound of Humanity. Kemudian Swietenia Puspa, Dila Hadju, Dhiti Sofia, Marsya Nurmaranti, Syamsul Ardiansyah, Adhe Indra Saputra dan Benny, akan mengupas bicang hangat Humanitalk dalam isu lingkungan, kebencanaan, serta kerelawanan.

Untuk dapat menikmati semua sajian di Jakhumfest kali ini, panitia kegiatan memberlakukan tiket donasi seharga Rp. 50.000,- saja. Hasil penjualan tiket donasi juga sepenuhnya akan disalurkan untuk program kemanusiaan Dompet Dhuafa seperti Rumah Tetap untuk Palu dan Lebak, Banten, serta program lainnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.