Sabtu, 20 April 24

Tujuh Rahasia Berdoa Agar Cepat Terkabul

Tujuh Rahasia Berdoa Agar Cepat Terkabul
* Ilustrasi berdoa. (Sumber foto: fajar.co.id)

Ada kalanya kita merasa kalau setiap doa yg kita dipajatkan kepada Allah SWT belum dikabulkan. Tapi jangan pernah berpikir untuk menduakan-Nya, karena hanya Allah SWT Tuhan yang Maha Esa.

Jika kita ingin memastikan semua doa yang kita panjatkan didengar Allah, beberapa rahasia yang bisa kita lakukan untuk memastikan doa yang kita panjatkan dikabulkan Allah.

Diantara beberapa cara agar doa bisa cepat dikabulkannya :

1. Mencari waktu yang mustajab :
Kapan waktu tersebut? Adalah hari Arafah, Ramadhan, sepertiga malam terakhir.

Rasuluah Saw. bersabda :
“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim)

2. Pada saat keadaan yang mustajab :
Yaitu, ketika perang, turun hujan, ketika sujud, antara adzan dan iqamah

Nabi bersabda : “Doa antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Abu Daud, Nasa’i, danTurmudzi)

Nabi bersabda : “Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)

3. Menghadap kiblat dan mengangkat tangan :

Dari Jabir RA : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam.” (HR. Muslim)

4. Khusyu’, rendah hati, dan penuh harap kepada Allah :

Allah berfirman :
“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (Q.s. Al-Anbiya’: 90)

5. Bersuara lirih, tidak teriak-teriak :

Allah juga berfirman :
“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Q.s. Al-A’raf: 55)

6. Memuji Allah dan bershalawat kepada Nabi :

Nabi pernah mendengar ada orang yang berdoa dalam shalatnya dan dia tidak memuji Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi, Kemudian beliau bersabda : “Orang ini terburu-buru.”
Kemudian Beliau bersabda :
“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad)

️7. Wajib yakin kalau doa pasti terkabul, jangan pesimis :

Nabi bersabda :
“Janganlah kalian ketika berdoa mengatakan: Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah, rahmatilah aku, jika Engkau mau. Hendaknya dia mantapkan keinginannya, karena tidak ada yang memaksa Allah.” (HR. Bukhari & Muslim)

Jika kepercayaan kita sedang goyah, Percayalah kalau Allah mendengarkan semua doa kita Jika merasa belum dikabulkan, maka bersabarlah. bisa saja Allah Menggantikan doa tersebut dengan yang lebih baik Atau Allah SWT menyimpan doa tersebut untuk di akhirat. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.