Senin, 22 Juli 24

Tujuh Kepala Desa Kembangkan BUMdes

Tujuh Kepala Desa Kembangkan BUMdes

Pontianak, ObsessionnewsKepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Yoseph Alexander, mengatakan masyarakat dan pemerintahan desa harus menjadi contoh dan teladan bagi pengembangan ekonomi kreatif serta mampu mengelola sumber daya desa yang dimiliki untuk kemandirian desa tersebut.

“Pengembangan ekonomi kreatif dan pemamfaatan sumber daya desa secara maksimal dapat mengangkat desa tersebut menjadi lebih unggul. Pengembangan sumber daya tersebut dengan membuat home industri makanan maupun kerajinan rotan yang banyak dijumpai di semua daerah Kalbar,” ujarnya kepada obsessionnews.com via seluler, Minggu (12/4/2015).

Selain itu, lanjutnya, pengembangan kawasan pertanian padi, jagung, nanas, singkong dan lainnya merupakan komoditi unggulan yang harus dikembangkan. Perikanan juga salah satu komoditas unggulan desa yang berada dipesisir dengan membentuk kelompok nelayan.

Kepala desa sebagai penggerak masyarakat desa untuk turut memiliki andil besar dalam potensi lokal sebagai ciri khas desa dan mamfaatnya desa tersebut yang memperoleh hasil positifnya,” tandasnya.

Menurut Yoseph, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap desa-desa di Kalbar yang dianggap potensial untuk pengembangan badan usaha milik desa (BUMdes). Hasilnya terdapat tujuh kepala desa yang dianggap layak untuk mengembangkan BUMdes pada tahun ini sebagai desa percontohan BUMdes.

Ketujuh kepala desa tersebut, yakni Kepala desa Sungai Bakau Besar di Kabupaten Mempawah, kepala desa Seluas, Nanga Awing, Jangkang di Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala desa Simpang Empat di Kabupaten Sambas dan kepala desa Kendawangan dan Ratu Elok di Kabupaten Ketapang. (Saufi)

.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.