Jumat, 28 Februari 20

Tuhiyat Wujudkan Wajah Jakarta Lebih Modern Melalui MRT

Tuhiyat Wujudkan Wajah Jakarta Lebih Modern Melalui MRT
* Tuhiyat, Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta. (Foto: Sutanto/Men’s Obsession)

Perlahan tapi pasti, karir Tuhiyat terus melonjak naik, hingga dipercaya menjadi senior manager. Pada 2012 ia sempat ikut fit and proper test yang tinggal menyisakan segelintir orang  dari seluruh Indonesia di Kementerian BUMN, yang dipimpin Dahlan Iskan pada saat itu, untuk menjadi salah satu direksi di PT Antam Tbk. Dua minggu sebelum pelaksanaan RUPS PT Antam Tbk, ia tiba-tiba dipanggil oleh ajudan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta saat itu untuk menghadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia diminta langsung untuk membenahi transportasi di Jakarta dengan membangun MRT Jakarta.

“Kesempatan saya untuk menjadi direksi di PT Antam sebenarnya sudah di depan mata. Tinggal satu langkah lagi. Namun, akhirnya itu tidak terjadi. Takdir berkata lain. Saya putuskan saat itu untuk ikut membangun MRT Jakarta karena jika Jakarta dan Indonesia tidak dibangun MRT, maka akan terus tertinggal khususnya dalam hal transportasi karena saya merasa kemacetan yang begitu luar biasa di Jakarta serta budaya yang harus diubah,” ujar Tuhiyat saat ditemui Men’s Obsession di ruang kerjanya.

Sesuai Perda DKI Jakarta No. 9 Tahun 2018 tentang Perseroan Terbatas MRT Jakarta (Perseroan Daerah) tentang BUMD, Tuhiyat bersama empat direksi lain diberi mandat untuk melaksanakan tiga tugas berat, yakni membangun prasarana dan sarana MRT Jakarta, pengoperasian dan perawatan prasarana dan sarana MRT Jakarta, serta pengembangan dan pengelolaan properti atau bisnis di stasiun dan kawasan sekitarnya.

Fase awal atau fase I tugasnya adalah membangun  MRT Jakarta dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI. Tugas itu sudah diselesaikan dengan baik. Masa awal di PT MRT Jakarta, Tuhiyat tidak hanya mengurusi soal keuangan. Ia hampir seperti direktur umum karena tugasnya juga ikut menangani urusan pengadaan barang dan jasa. Kemudian, mengurus manajemen IT dibidang teknologi digital. Ia ingin mengubah sistem administrasi dari cara lama atau manual menuju digitalisasi.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.