Rabu, 3 Juni 20

Trump Ancam Putus Hubungan Total dengan China

Trump Ancam Putus Hubungan Total dengan China
* Presiden AS Donald Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam Cina dengan pemutusan total hubungan kedua negara.

Melalui televisi Fox Business pada Kamis (14/5/2020), Presiden Trump mengancam Cina dengan pemutusan total hubungan dan mengklaim pemutusan hubungan dengan Beijing akan berujung pada penghematan 500 miliar dolar bagi Washington.

Trump dan sejumlah petinggi Amerika yang mendapat kritikan tajam akibat lalai melawan wabah Corona selama beberapa pekan lalu condong mengkritik Cina dan berusaha menyebut Beijing bertanggung jawab atas pandemi Corona di dunia.

Trump dan Menlu Mike Pompeo mengklaim bahwa China menyembunyikan berbagai isu terkait penyebaran wabah Corona dan tidak memberi data transparan terkait wabah ini kepada berbagai organisasi internasional.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin juga mengklaim bahwa China tidak memberi data dan informasi yang cukup mengenai Corona dan Donald Trump tengah mengkaji opsinya untuk menghadapi Beijing.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China merespon ancaman Presiden AS untuk memutus total hubungan dengan Beijing.

Seperti dilaporkan Reuters, Zhao Lijian Jumat (15/5), saat jumpa pers kepada wartawan mengatakan, pemutusan hubungan Washington dengan Beijing akan merugikan Amerika Serikat.

“Amerika tengah menebarkan konspirasi anti Beijing terkait virus Corona,” papar Zhao Lijian.

Petinggi pemerintah Donald Trump selama beberapa hari terakhir berulang kalil menuding China merahasiakan penyebaran wabah Corona dan mengklaim virus ini diproduksi di sebuah laboratorium di Wuhan oleh Bejing.

Statemen petinggi Amerika ini memicu ketegangan hubungan AS-Cina sampai-sampai Presiden Donald Trump di wawancaranya mengatakan, pemerintah AS memiliki banyak opsi menghadapi Cina termasuk pemutusan penuh hubungan dengan Beijing. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.