Selasa, 26 Oktober 21

Triwulan III 2017 IPC Lampaui Target Portofolio Tahun Berjalan

Triwulan III 2017 IPC Lampaui Target Portofolio Tahun Berjalan
* Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Masassya. (foto: Sutanto/Obsession Media Group)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) II tengah meningkatkan upaya menggerakkan sektor kepelabuhanan dan ekonomi untuk memperkuat jati diri Indonesia sebagai negara maritim. Upaya tersebut dilakukan dengan memperluas kerja sama bilateral melalui ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama sisterport dengan Guang Zhou Port Authority, Port of Baku, Port of Ning Bo, Port of Shenzhen, dan Qatar Ports Management Company/Mwani Qatar.

Perbaikan kondisi perekonomian internasional, dinamika politik dan hukum dalam negeri, stabilnya harga berbagai komoditas utama serta nilai tukar mata uang Rupiah, hingga kembalinya kepercayaan investor, terefleksi pada geliat perdagangan dan volume barang melalui pelabuhan merupakan pekerjaan yang dipanggul oleh IPC.

Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya menyampaikan, pada Triwulan III 2017 IPC telah berhasil membukukan pendapatan usaha meningkat sebesar 19,6% dari periode yang sama di tahun lalu menjadi Rp 7,6 triliun. EBITDA margin meningkat sejumlah 13,3% menjadi 38,78%, laba usaha tahun berjalan Rp 1,5 triliun dengan peningkatan 8,4% dan BOPO mencapai 68,2%.

“Di mana secara keseluruhan mengalami peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya dan telah melampaui target portofolio tahun berjalan,” ujar Elvyn dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Hal ini berbanding lurus dengan trafik kapal yang mengalami peningkatan sebesar 21.7% dari periode yang sama di tahun lalu menjadi 147,456 GT, trafik petikemas yang mencapai 4,98 juta TEUs dengan persentase peningkatan 10,8%, serta trafik non-petikemas yang mengalami pertumbuhan sebesar 3,1% berhasil dibukukan di angka 41,253 juta Ton.

Sejalan dengan usaha Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, IPC merasa bangga dan terhormat mendapatkan kesempatan dan dipercaya menjadi ketua penyelenggara the 30th International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference.

Event ini sekaligus menjadi momentum untuk berbagi best practices dan ajang networking antar pelaku bisnis dalam bidang maritime logistik dunia yang begitu kompleks dan dinamis.

Untuk Indonesia, kegiatan ini sekaligus dapat digunakan untuk pengenalan konsep Indonesia Integrated Chain Port demi kelancaran implementasinya guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan masyarakat sekaligus mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.