Selasa, 30 April 24

Tren Produk Lokal Naik, Transaksi di Industri Kecantikan Capai Belasan Triliun Rupiah

Tren Produk Lokal Naik, Transaksi di Industri Kecantikan Capai Belasan Triliun Rupiah
* JakartaXBeauty, acara kecantikan tahunan resmi digelar 14-17 Desember 2023 di JCC Senayan. (Foto: Agnes/OMG)

Obsessionnews.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan hadir langsung dalam acara Jakarta X Beauty 2023. Pria yang akrab disapa Zulhas ini membuka event kecantikan tahunan yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 14-17 Desember 2023.

Zulhas secara simbolis membuka acara Jakarta X Beauty dengan memotong pita bersama dengan CEO Female Female Daily Network Hanifa Ambadar dan COO Female Daily Network Novita Imelda di lobi utama JCC pada Kamis (14/12/2023).

Memberikan sambutan khusus, Zulhas mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) selalu mendukung acara Jakarta X Beauty. Terutama karena banyaknya merk lokal yang berpartisipasi dalam acara ini. 

“(Event kecantikan) terbesar. Di sini produknya macam-macam kan? Ada beauty, parfum, skincare, klinik,” ungkap Zulhas.

Dalam kesempatan yang sama, sebagai Mendag ia membeberkan bahwa permintaan pasar akan produk kecantikan lebih tinggi dibanding suplai. Inilah yang membuat dia khawatir pasar produk kecantikan lokal justru akan digerus oleh merk-merk asing. Akibatnya, ini akan berdampak pada pelaku usaha dalam negeri.

Mengatasi hal tersebut, Kemendag pun bertekad untuk mengatur agar produk asing tak mudah menguasai pasar dalam negeri.

“Pendek kata, sebisa mungkin kami Batasi. Barang dari luar tidak menyerbu industri kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan produk kecantikan lokal berkontribusi besar dalam pemasukan negara. Ini terlihat dari jumlah transaksi produk kecantikan lokal.

“Besar itu, di bidang ini (beauty) hampir US$1 miliar dolar transaksinya. Artinya, Rp16 triliun, kan besar sekali itu,” tambahnya.

Menyadari potensi pasar yang begitu besar, Zulhas pun mendorong kerja sama berbagai pihak agar ekosistem usaha di bidang kecantikan ini bisa berkembang dengan baik. Sebab, Zulhas berpendapat jika produk Indonesia tak kalah dengan produk luar negeri.

Sebab, dia telah mengunjungi sejumlah negara dan membandingkan produk di negara tersebut dengan produk lokal, seperti Amerika Serikat, Cina, hingga Timur Tengah. Produk kecantikan Indonesia tidak kalah.

“Saya bilang, tidak kalahlah ini produk-produk kita,” tutup Zulhas. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.