Senin, 8 Maret 21

Transformasi Kementerian ATR Menuju Layanan Berkelas Dunia

Transformasi Kementerian ATR Menuju Layanan Berkelas Dunia
* Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati. (Foto: dok Humas BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com — Dilan, banyak dari kita mengenalnya sebagai salah satu karakter anak muda dalam sinema remaja. Pada perihal lainnya, Dilan adalah kependekan dari Digital Melayani, sebuah terobosan yang terus didengungkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Tentu saja program ini disambut baik, karena dengan pelayanan digital ini akan mempermudah urusan publik.

Dalam hal Dilan ini, Kementerian ATR/BPN telah memulainya pada  tahun lalu, dengan meluncurkan beberapa layanan pertanahan elektronik, yaitu Layanan Zona Nilai Tanah, Hak Tanggungan, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah dan juga Pengecekan Sertipikat.

Tidak berhenti sampai disitu, tahun 2021 ini Kementerian ATR/BPN tengah mempersiapkan Sertipikat Elektronik. “Ini adalah jawaban dari tantangan bahwa kedepan Kementerian ATR BPN ingin memberikan pelayanan berkelas dunia,” ungkap Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, saat menjadi narasumber pada talkshow RRI, Selasa (26/1/2021).

“Dimana semua proses pelayanan pertanahan yang ada di Kementerian ATR/BPN pada tahun 2024 nanti dilaksanakan secara digital sebagaimana tertuang dalam roadmap reformasi digital Kementerian ATR/BPN,” sambung Yulia Jaya Nirmawati.

Saat ini Kementerian ATR/BPN tengah mempersiapkan infrastrukturnya. Pelaksanaannya nanti akan dilakukan secara bertahap. “Akan diatur oleh Menteri, Kantah mana saja yang secara infrastrukturnya sudah siap,” ujar Yulia Jaya Nirmawati.

Penggunaan sertipikat elektronik ini mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat, masyarakat dapat mengakses secara langsung dengan mudah dan tidak dapat dipalsukan.

“Kalau kita masih menggunakan konvensional sangat riskan apabila  kebanjiran, kebakaran, hilang, rusak dan sebagainya,” ujar Yulia Jaya Nirmawati.

Menanggapi pertanyaan langsung dari pendengar mengenai keamanan dari sertipikat elektronik, Yulia Jaya Nirmawati menjelaskan bahwa  Sertipikat Elektronik dijamin keamanannya oleh Pemerintah. “Untuk itu  Kementerian ATR/BPN menjalin kerja sama dengan Badan Sertipikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara serta Badan Intelijen Negara,” ujar Yulia Jaya Nirmawati. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.