Jumat, 3 Mei 24

Transformasi Digital untuk Masa Depan, Bambang Hendroyono Dorong Penerapan SPBE di KLHK

Transformasi Digital untuk Masa Depan, Bambang Hendroyono Dorong Penerapan SPBE di KLHK
* Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono. (Foto: Instagram bambang hendroyono)

Obsessionnews.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono memberikan sambutan dalam kegiatan penyebarluasan informasi penerapan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) KLHK yang diselenggarakan di Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M.Sc., Jakarta, pada Senin (30/10/2023).

Bambang menyoroti pentingnya terbitnya Perpres 95/2018 tentang Penyelenggaraan SPBE, yang dianggap sebagai momentum perubahan bagi KLHK. Perpres ini memberikan landasan untuk transformasi digital yang bertahap dan berkelanjutan dalam upaya menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Terbitnya Perpres 95/2018 tentang Penyelenggaraan SPBE merupakan sebuah momentum perubahan bagi KLHK yang secara bertahap dan pasti menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan melakukan transformasi digital secara bersama dan berkesinambungan,” tulis Bambang lewat akun instagramnya @bambang hendroyono, dikutip obsessionnews.com, Selasa (31/10).

Dalam upaya mewujudkan SPBE di KLHK, Bambang mengungkapkan adanya dua layanan prioritas. Pertama adalah layanan yang berdampak pada pelaku usaha (Government to Business/ G2B) melalui Sistem Informasi Persetujuan Lingkungan Hidup (AMDALNET). Kedua adalah layanan yang berdampak pada masyarakat (Government to Citizen/G2C) melalui Sistem Informasi Geospasial (SIGAP).

Selain itu, KLHK juga menunjukkan keseriusannya dalam menyelenggarakan SPBE. Hal ini tercermin dalam hasil Indeks Penilaian (Assessment Index) Teknis SPBE yang dilakukan oleh Tim Transisi Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyatakan bahwa KLHK telah memenuhi seluruh persyaratan dari delapan indikator dan memperoleh predikat “Excellent.”

Bambang berharap bahwa dengan keseriusan dan upaya KLHK dalam mendukung dan menyelenggarakan SPBE, akan memberikan manfaat positif dalam pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.