Rabu, 8 Februari 23

Tommy Soeharto Tokoh Berpengaruh di Indonesia 2015

Tommy Soeharto Tokoh Berpengaruh di Indonesia 2015
* Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

Jakarta, Obsessionnews – Meski sudah berada di luar kekuasaan setelah Presiden Soeharto lengser pada 1998, Tommy Soeharto masih memiliki pengaruh besar. Buktinya, organisasi kemasyarakatan (ormas) Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI) yang didirikannya, disambut antusias dan kini memiliki jutaan anggota. (Baca: Tommy Soeharto Deklarasikan HMPI)

Cover majalah Men's Obsession
Cover majalah Men’s Obsession

Majalah bulanan Men’s Obsession yang terbit di Jakarta memilih Tommy sebagai salah seorang dari 70 tokoh yang berpengaruh di Indonesia tahun 2015. Pemilihan 70 tokoh itu erat kaitannya dengan dengan momentum besar 70 Tahun Republik Indonesia (RI). Majalah yang memuat tema utama ’70 Tokoh Berpengaruh di Indonesia 2015′ itu dibagikan di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 RI di Istana Merdeka, Senin, 17 Agustus 2015.

Nama pria yang bernama lengkap Hutomo Mandala Putra ini muncul kembali ke permukaan sejak Maret 2015 lalu, ketika terjadi perpecahan di tubuh Partai Golkar. Partai Beringin terbelah menjadi dua kubu, yakni kubu Aburizal Bakrie alias Ical dan kubu Agung Laksono. Tommy yang duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan DPP Golkar kubu Ical mendesak digelar Musyawarah Nasional luar Biasa (Munaslub) Golkar untuk menyelesaikan dualisme kepemimpinan Golkar.

Jika Munaslub digelar, sejumlah tokoh Golkar memprediksikan Tommy berpotensi menjadi ketua umum. Alasannya, Tommy populer, anak mantan Presiden Soeharto, kaya, dan memiliki banyak pendukung. Dan apabila hal itu terjadi, ia disebut-sebut akan maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019.

Namun, bukan perkara mudah menggelar Munaslub. Hingga detik ini dua kubu di tubuh Golkar masih terus bersengketa. Belum ada titik terang untuk menggelar Munaslub seperti yang diinginkan oleh Tommy.

Di tengah kisruh Golkar itu, HMPI dideklarasikan di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/6/2015). Di ormas ini Tommy menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina. Sedangkan Ketua Umum HMPI dijabat oleh Begug Purnomosidi dan Sekretaris Jenderal dipegang oleh Tri Joko Susilo. Begug Purnomosidi adalah mantan Bupati Wonogiri, Jawa Tengah. Sedangkan Tri Joko Susilo adalah Pemimpin Redaksi Pelitaonline.com milik Tommy.

Nama Tommy berpengaruh besar terhadap keberadaan HMPI. Terbukti dalam waktu relatif singkat telah berdiri cabang-cabang HMPI di berbagai daerah dengan jumlah anggota yang diperkirakan telah mencapai 3 juta orang. Diprediksikan di masa mendatang jumlah anggotanya itu akan terus meningkat. Para pendukungnya gencar mengampanyekan Tommy sebagai capres 2019 di media sosial.

Sejumlah kalangan meramalkan HMPI kelak akan berubah menjadi partai politik (parpol) dan menjadi kendaraan Tommy untuk maju dalam Pilpres 2019, apabila dia gagal merebut ketua umum Golkar.

Tetapi, Tommy menegaskan HMPI tetap menjadi ormas, dan tidak akan pernah berubah menjadi parpol. Selain itu, dia enggan berbicara tentang dorongan dari para pendukungnya untuk berkompetisi di Pilpres 2019.

“Masih terlalu dini berbicara soal Pilpres. Pilpresnya kan masih lama,” ujarnya dalam konferensi pers di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (12/7/2015) sore.

Tommy menambahkan, dirinya belum dihubungi oleh pihak-pihak yang mengampanyekan pencalonannya dalam Pilpres 2019. Menurut Tommy, saat ini dia berkonsentrasi memberdayakan ekonomi masyarakat melalui HMPI.

Ormas ini lahir didasari dengan niat berupaya mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai bangsa berdaulat dalam politik, mandiri atau berdikari dalam bidang ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan dan disegani di mata dunia. HMPI bermisi membangun kemandirian ekonomi, melestarikan budaya, mempertahankan kearifan lokal dan membangkitkan kembali koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM).

“HMPI akan menjalin kemitraan dengan pemerintah, menyinergikan dengan program-program pemerintah dan ikut mendorong percepatan pembangunan,” jelasnya.

HMPI menggaungkan slogan “Kobarkan Semangat Akulah Indonesia” untuk menumbuhkan dan membangkitkan rasa nasionalisme di hati sanubari seluruh anak bangsa.

Kiprah HMPI yang bermanfaat bagi masyarakat adalah menyelenggarakan mudik Lebaran gratis tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, Minggu (12/7). Mudik gratis ini diikuti oleh 3.000 orang. Pada hari yang sama HMPI memberikan santunan kepada 1.000 anak-anak yatim se-Jabodetabek. (Arif RH/Pul)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.