Kamis, 9 Desember 21

Tol Cikampek-Palimanan Rampung Sebelum Idul Fitri

Tol Cikampek-Palimanan Rampung Sebelum Idul Fitri
* Husen (Coordination License Manager)

Subang, Obsessionnews – Hingga kini pengerjaan Proyek Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) telah rampung 93% dari ruas jalan sepanjang 116,75 km. Menurut Enviroment Manager Prosys dan Project Management Consultant (PMC), Ahmad Sahir. “Pekerjaan ini kami berusaha dikerjakan sesuai jadwal yaitu 1 Juli 2015 atau pada Idul Fitri nanti bisa digunakan,” ujarnya kepada Obsessionnews, Kamis (16/4/2015) di ruang kerjanya, daerah Cilameri, Subang, Jawa Barat.

Ujicoba laik fungsi jalan telah dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) diantaranya di zona 6D.dinyatakan telah aman. Selanjutnya pihaknya juga akan melakukan ujicoba diruas-ruas jalan lainnya.

Ahmad Sahir Enviroment Manager Prosys saat memberikan keterangan kepada Obsessionnews
Ahmad Sahir Enviroment Manager Prosys saat memberikan keterangan kepada Obsessionnews

Hal senada ditambahkan oleh Coordination License Manager, Husein yang menyatakan optimis akan selesai pada 31 Mei 2015. Menurutnya kondisi cuaca saat ini yang dinilai mendukung. “Saya kira akhir Mei (2015), Insya Allah (selesai). “Kan lebaran (Idul Fitri) bulan Juli. Sekarang masih April. Musim mendukung” jelas Husein.

Diakui ada sejumlah tantangan yang dihadapi diantaranya pekerjaan di sekitar Jembatan Ciasem yang memiliki tingkat kesulitannya lebih tinggi dengan sistem crane. “Itu adalah titik yang paling kritis. Tetapi kita berusaha menyelesaikan. Kita tetap yakin (bisa rampung sesuai jadwal),” tambahnya.

Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di Subang Jawa Barat
Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di Subang Jawa Barat

Di tengah percepatan pekerjaan, kata Ahmad Sahir, masih menghadapi berbagai pengaduan. Ahmad menjelaskan tentang upaya penyelesaian pengaduan warga termasuk memenuhi permintaan warga yang sifatnya menyusul seperti adanya fasilitas jalan umum yang sebelumnya tidak tercantum dalam disain awal.

Mekanisme keluhan masyarakat, kata Ahmad, permohonan masyarakat difasilitasi fasilitator desa ke Environment Resource Management (ERM/konsultan lingkungan) lalu ke PMC kemudian dikoordinir ke semua pihak internal proyek untuk diverifikasi di lapangan (fact finding) lalu ditentukan solusi terbaik. “Dalam verifikasinya kami melibatkan dinas terkait di pemerintah daerah,” jelas Ahmad lagi.

Jalan Tol yang telah jadi
Jalan Tol yang telah jadi

Misalnya, ada yang mengadu tentang kegagalan panen kami melibatkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kab Subang atau keluhan dari peternak itik yang mengaku terganggu produksi itiknya karena diduga dari debu proyek. “Kami juga melibatkan Dinas Peternakan untuk meneliti dengan mengambil sample makanan dan minuman ternak,” tambahnya menjelaskan.

Tindak lanjut yang dilakukan sesuai dengan hasil penelitian di lapangan. “Dari hasil uji lab atau penelitian di lapangan ada pengaduan yang ditolak apabila terbukti bukan disebabkan oleh pekerjaan proyek (jalan tol),” jelas Ahmad. Seperti pengaduan pemilik 17 batang pohon rambutan yang terkena debu sehingga mengalami penurunan produksi. Setelah dilakukan verifikasi ternyata menurunnya produksi akibat umur yang sudah tua.

Proyek Pengerjaan Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di Subang
Proyek Pengerjaan Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di Subang

Ketika Obsessionnews datang ke Kantor PMC. Saat itu berlangsung pertemuan yang menampung pengaduan warga Desa Padaasih Kecamatan Cibogo yang meminta dibangun jalan untuk kegiatan umum. Warga meminta dibuatkan jalan selebar 3 meter sepanjang maksimal 1000 meter. Warga siap menyediakan tanah selebar 2 meter dan meminta disediakan 1 meter. Setelah dilakukan pertemuan di Ruang Meeting akhirnya dihasilkan kesepakatan. Pada pertemuan tersebut dihdiri perwakilan dari warga yang dipimpin oleh Ketua Badan permusyawaratan Desa (BPD) Padaasih, Ade Sape’i. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.