Rabu, 29 September 21

Tokoh-tokoh ‘Melek’ Medsos

Tokoh-tokoh ‘Melek’ Medsos
* Akun twitter Walikota Bandung

Jakarta, Obsessionnews – Era teknologi atau digital mempermudah segala sesuatu. Salah satu kemudahan teknologi yang dewasa ini sering dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh nasional adalah media sosial (medsos), yakni twitter, facebook, linkedin, instagram, dan lain sebagainya. Di antara medsos tersebut yang paling banyak dipergunakan oleh sejumlah tokoh nasional untuk menyosialisasikan program-programnya, mengklarifikasi suatu berita, mengkritik, dan lain sebagainya adalah twitter dan facebook.

Sebelum marak medsos, banyak tokoh , terutama pejabat pemerintah, yang menggelar konferensi pers untuk mengumumkan kebijakannya, membantah pemberitaan negatif tentang dirinya di media massa, dan lain-lain. Konferensi pers tersebut tentu mengeluarkan biaya yang tak kecil, antara lain biaya makan dan minum wartawan. Kini sejumlah tokoh dengan cerdas memanfaatkan medsos untuk menyampaikan banyak hal kepada publik. Dan jika isu-isu yang ditulisnya di medsos menarik biasanya dikutip oleh media massa. Dengan memanfaatkan medsos tak perlu mengeluarkan biaya.

Beberapa tokoh nasional yang ‘melek’ terhadap medsos adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil, mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan, Tommy Soeharto, dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dari pantauan obsessionnews.com Selasa (26/5/2015) Ridwan Kamil menduduki peringkat pertama. Ia bercuit di akun twitternya, @ridwankamil, sebanyak lebih dari 37.700 kali. Kang Emil, begitu panggilan Walikota Bandung yang berprestasi ini, memanfaatkan twitter untuk menyosialisasikan program-programnya. Kang Emil tak henti-hentinya mengajak warga Bandung menyukseskan program-program pemerintah. (Baca: Ridwan Kamil Raih Marketeers of The Year dari Hermawan Kertajaya).

Akun twitter Yusril Ihza Mahendra
Akun twitter Yusril Ihza Mahendra

Di urutan kedua adalah Yusril Ihza Mahendra yang bercuit di akun twitternya, @Yusrilihza_Mhd,  sebanyak lebih dari 37.300 kali. Pengacara Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie ini antara lain mengemukakan pendapatnya tentang konflik di tubuh partai beringin. Ia juga meladeni ocehan netizen yang mengkritiknya terkait kemelut di Golkar. (Baca: Yusril: Peserta Pilkada yang Sah DPP Golkar Hasil Munas Riau).

Akun twitter Ganjar Pranowo
Akun twitter Ganjar Pranowo

Di urutan ketiga adalah Ganjar Pranowo yang berkicau di akun twitternya,@ganjarpranowo, lebih dari 25.100 kali. Selain menyosialisasikan program-program pemerintah, Gubernur Jateng ini juga memanfaatkan twitter untuk menerima pengaduan dari masyarakat. (Baca: Ganjar Pranowo Sang Reformator).

Akun twitter Anas Urbaningrum
Akun twitter Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum menduduki posisi keempat. Ia berkicau di akun twitternya, @anasurbaningrum,  sebanyak lebih dari 17.300 kali. Anas meringkuk di penjara karena kasus korupsi. Meski dipenjara Anas tak pernah meninggalkan hobinya bercuit di twitter. Ia aktif memberikan komentar tentang perkembangan berita terkini, terutama masalah politik dan nasional. (Baca: Anas Divonis Tidak Maksimal, KPK Harus Evaluasi).

Akun twitter Ahmad Heryawan
Akun twitter Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan yang bercuit di akun twitternya, @aheryawan,  sebanyak lebih dari 16.200 kali menduduki peringkat kelima. Seperti umumnya para pejabat, Gubernur Jabar yang akrab dipanggil Aher ini juga memanfaatkan twitter untuk menyosialisasikan program-program pemerintah. Selain itu, Heryawan juga membuka pintu selebar-lebarnya kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya di twitter. (Baca: Aher dan 28 Bupati/Walikota Janji Tidak Korupsi).

Akun twitter Tommy Soeharto
Akun twitter Tommy Soeharto

Sementara itu putera Presiden kedua Indonesia Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau yang lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto, menempati posisi keenam. Ia bercuit di akun twitternya, @HutomoMP_9, sebanyak lebih dari 10.900 kali. Dalam tiga bulan terakhir popularitas Tommy melejit seiring perselisihan di Golkar. Lewat twitter Tommy aktif menggalang dukungan untuk menyelenggarakan Munas Luar Biasa (Munaslub) Golkar untuk menyelesaikan kasus perseteruan di Golkar. (Baca: Tommy Soeharto Ancam Mau ‘Habisi’ Yorrys?).

Akun twitter SBY
Akun twitter SBY

Terakhir, SBY menduduki posisi ketujuh. Ia berkicau di akun twitternya, @SBYudhoyono, sebanyak 3.854 kali. SBY senang berkicau di twitter sejak menjadi Presiden, dan kegemarannya tersebut berlanjut hingga kini. Dia beberapa kali berkicau untuk mengklarifikasi serangan-serangan terhadap dirinya. Misalnya minggu lalu ia membantah fitnah dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yang menudingnya pembubaran Petral selalu mentok di Istana Presiden saat SBY menjadi Presiden. (Baca: Merasa Difitnah, SBY Tuntut Sudirman Said)(Arif RH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.