Jumat, 26 April 24

TNI AU Kerahkan F16 Amankan Pelantikan Presiden

TNI AU Kerahkan F16 Amankan Pelantikan Presiden
* Pesawat F16 milik TNI AU. (Foto: Info TNI)

Jakarta, Obsessionnews.com – TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan 500 personel untuk mengamankan pelantikan Presiden-Wakil terpilih 2019-2024, yang akan digelar siang ini di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

“Hari ini personel yang terlibat lebih kurang 500 personel, terdiri dari penerbang, teknisi, radar, pengatur lalu lintas udara, Paskhas, polisi militer, intelijen, logistik dan kesehatan,” ujar Kadispenau Marsma Fajar Adriyanto dalam siaran pers yang diterima, Minggu (20/10).

Katanya, satgas dibentuk oleh TNI AU sesuai perintah Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Di mana posko Satgas berada di Markas Wing 1 Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Alutsista yang dikerahkan pesawat tempur F16 Fighting Falcon, pesawat intai Boeing B737, pesawat terbang tanpa awak (PTTA), pesawat VVIP/VIP, pesawat angkut C130 Hercules dan CN295, helikopter VVIP/VIP dan SAR, radar pertahanan udara, dan rudal anti serangan udara,” ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini juga untuk mengamankan tamu-tamu negara yang akan menghadiri pelantikan.

“Satgaspam TNI AU bertugas mengamankan wilayah udara nasional khususnya wilayah udara ibukota, mengamankan penerbangan dan pesawat khusus yang digunakan tamu-tamu negara, mengamankan perimeter bandara baik di Halim Perdanakusuma maupun Soekarno Hatta, dan standby penyelamatan via udara dalam keadaan darurat,” tandasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.