Sabtu, 4 Desember 21

Mendagri Berencana Bangun Akademi Pemadam Kebakaran

Mendagri Berencana Bangun Akademi Pemadam Kebakaran
* Mendagri Tjahjo Kumolo (kanan).

Semarang, Obsessionnews – Perayaan meriah terasa di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 97 Pemadam Kebakaran (Damkar) yang digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang. Seluruh Damkar se-Indonesia berkumpul dengan didampingi sejumlah pimpinan daerah masing-masing.

Salah satu pejabat yang hadir adalah Tjahjo Kumolo. Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo menyatakan akan membangun sekolah khusus petugas Damkar.

“Kemendagri memang sedang memikirkan perlu adanya sekolah, seperti sebuah akademi, sehingga bisa melatih untuk satuan Damkar,” ujarnya, Selasa (1/3/2016).

Pembuatan sekolah khusus selain mampu meningkatkan kinerja dan ketrampilan pemadam kebakaran, juga dapat sebagai jalan peningkatan status kepegawaian menjadi berjenjang.

Meski saat ini sejumlah daerah telah siap menyediakan lahan bagi sekolah kursus pemadam kebakaran, seperti Jakarta, namun Kemendagri akan memilah lebih lanjut terkait pembuatan akademi khusus itu.

“Nanti juga kita akan membangun kerja sama dengan sejumlah rekan negara sahabat, bisa mengirimkan ahlinya dan sebagainya,” paparnya.

Disisi lain, Tjahjo menyatakan tengah berusaha memberikan asuransi bagi instansi pemerintahan seperti Damkar. Selain meningkatkan kesejahteraan, pemberian asuransi juga memberikan jaminan bagi pegawai Damkar terkait keselamatannya selama bertugas.

“Setidaknya sudah masuk asuransi, yang 30 ribu untuk BPJS, kartu sehat, kartu pintar, disejumlah daerah sudah baik,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.