Sabtu, 23 November 19

Tjahjo Kumolo Dapat Tugas Percepat Proses Birokrasi Reformasi

Tjahjo Kumolo Dapat Tugas Percepat Proses Birokrasi Reformasi
* Tjahjo Kumolo. (Foto: Edwin B/Obsession News)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberi amanah kepada Tjahjo Kumolo sebagai menteri di kabinet periode kedua. Di Kabinet Indonesia Maju yang diumumkan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019), Tjahjo ditunjuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB). Sedangkan di periode sebelumnya, yakni Kabinet Reformasi periode 27 Oktober 2014 – 20 Oktober 2019, ia menjadi Menteri Dalam Negeri.

 

Baca juga:

Selesai Masa Tugas, Tjahjo Kumolo Pamitan

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri RI

Tjahjo Kumolo: Fadli Zon Ngomong Terus, Nggak Pernah Salah

 

Seusai dilantik Tjahjo berbicara mengenai tugas yang diamanatkan Jokowi kepada dirinya. Ia diminta Jokowi untuk mempercepat proses birokrasi reformasi.

“Ke depan, sebagaimana poin-poin pidato Presiden pada saat dilantik, salah satunya adalah bagaimana untuk mempercepat proses reformasi birokrasi yang lebih nyata, lebih konkret, itu yang menjadi utama target KemenPAN RB,” ujar Tjahjo dalam sambutannya saat serah terima MenPAN RB di Kantor Kementerian PAN RB, Rabu (23/10).

Menurutnya, penyederhanaan birokrasi dengan cara memangkas sejumlah eselon merupakan cara yang cukup strategis. Ia mengatakan hal itu butuh koordinasi oleh beberapa kementerian lembaga yang ada. Sehingga ia mengajak semua pihak untuk bekerja keras dalam hal ini.

“Mari kita memeras pikiran, tenaga, berkoordinasi dengan kementerian yang lain, karena tercatat kementerian-kementerian kita tuh tidak sama,” tandasnya.

Selain reformasi birokrasi, hal lain yang akan segera diperhatikan Tjahjo yaitu menghadirkan inovasi-inovasi kelembagaan, termasuk inovasi di tataran sumber daya manusia.

Tjahjo mengungkapkan, selama ini Syafruddin selaku pendahulunya di KemenPAN RB telah melakukan kerja sangat baik dalam hal pengelolaan ASN. Syafruddin telah membawa lembaga-lembaga di Indonesia menjadi yang terbaik di dunia.

“Ini kami menyampaikan terima kasih, satu tahun ini Pak Syafruddin mampu membawa inovasi lembaga yang ada di negara kita menjadi terbaik di dunia,” katanya.

Selebihnya Tjahjo akan melanjutkan beberapa program yang sudah dilaksanakan oleh Syafruddin agar lebih baik dan berdampak lebih besar lagi bagi Indonesia.

“Ini akan terus kita selesaikan dengan baik, sehingga sistem tata kelola pemerintahan yang memang benar-benar smart, terbuka, ini akan bisa semakin dirasakan oleh negara kita,” tegasnya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.