Kamis, 2 Desember 21

Tito Karnavian Harus Jawab Keraguan Masyarakat

Tito Karnavian Harus Jawab Keraguan Masyarakat

Jakarta, Obsessionnews – Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia Gandi Parapat mendukung keputusan Presiden Jokowi mengangkat Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Kualitas dan kapasitas Tito sebagai prajurit polisi sudah tidak diragukan lagi.

“Saya selaku masyarakat menganggap ini keputusan yang pas, sesuai dengan harapan. Artinya masalah layak atau tidak layak Presiden Jokowi pasti lebih tahu,” ujar Gandi saat dihubungi, Minggu (19/6/2016).

Namun demikian, Komjen Tito dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kerja agar bisa menjawab keraguan publik terhadapnya. Nama Tito sebelumnya telah disampaikan ke DPR, munculnya nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini mendapat reaksi beragam, ada yang setuju, ada pula yang menolak.

“Harapan kita adanya ketenangan, dan tidak ada lagi kekhawatiran masyarakat tentang masalah keamanan, tidak ada lagi ada upaya untuk mengganggu stabilitas dalam negeri, masalah preman harus diberantas,” tegasnya.

Menurut Gandi, pengangkatan Kapolri merupakan kewenangan Presiden Jokowi, sehingga pihak mana pun tidak boleh mempengaruhi keputusan tersebut. Apapun yang sudah menjadi keputusan Presiden harus didukung penuh baik oleh internal maupun eksternal Polri.

“Pengangkatan Tito sudah sesuai dengan ketentuan UU, pa presiden menilai Tito ini layak, walaupun dia itu masih junior karena ini menjadi hak prerogatif presiden,” kata Gandi.

Presiden Jokowi mengangkat Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Sebelum menyampaikan surat permohonan persetujuan ke DPR, Presiden Jokowi telah menerima masukan baik dari Polri, Kompolnas maupun dari masyarakat.

Presiden Jokowi berharap Komjen Pol Tito Karnavian dapat meningkatkan profesionalisme Polri sebagai pengayom masyarakat dan juga memperbaiki kualitas penegakan hukum, terutama terhadap kejahatan narkoba, terorisme dan juga korupsi.

Presiden mengatakan bahwa Komjen Pol Tito Karnavian memiliki kompetensi, kecerdasan, membangun jaringan dengan penegak hukum institusi lainnya. Komjen Pol Tito Karnavian saat ini menjabat sebagai Kepala BNPT.

“Saya meyakini beliau mempunyai kemampuan, cerdas, mempunyai kompetensi yang baik. Dan kita berharap DPR bisa segera memproses ini,” kata Presiden. ‎(Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.