Minggu, 2 Oktober 22

Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji
* Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji. (Foto; Medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Faktor kesehatan, baik fisik maupun jiwa harus mendapat perhatian para jemaah calon haji agar ibadah yang dilaksanakan berjalan lancar. Ibadah haji melibatkan semua aspek, baik kesehatan lahir maupun batin karena itu jemaah sebaiknya menjaga kesehatan sejak di tanah air.

Sering kali demi niat suci untuk bisa naik haji jemaah kerap mengabaikan persoalan kesehatan. Padahal banyak hal yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh yang cenderung menurun. Salah satunya cuaca. Di Arab Saudi cuaca di sana sangat panas kisaran 41-43 derajat Celsius. Suhu yang panas itu membuat jemaah bisa cepat lemas.

Sebab itu ada beberapa tips menjaga kesehatan agar ibadah haji bisa berjalan lancar:

Pertama persiapan bisa dilakukan saat jemaah masih di tanah air dengan melakukan istirahat yang cukup, memperbanyak jalan kaki, atau senam ringan selama 30 menit setiap hari.

Kedua, setelah di Tanah Suci jemaah dianjurkan untuk selalu sarapan pagi, dan menyiapkan obat-obatan ringan untuk antisipasi. Lalu saat bepergian jangan lupa untuk selalu memakai alat-alat pelindung, seperti alas kaki, payung dan topi, kacamata hingga masker.

Ketiga, para jemaah haji juga disarankan agar meminum air putih sesering mungkin, tidak menahan buang air, tidak melakukan aktivitas non ibadah, dan tidak memaksakan ibadah saat sakit, serta selalu berkoordinasi dengan petugas ibadah haji Indonesia.

Diketahui Indonesia adalah negara yang paling banyak mengirimkan jemaahnya untuk naik haji. Tahun ini saja, jemaah haji Indonesia mencapai 231 ribu yang terdiri dari 214 ribu jemaah reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.