Kamis, 9 April 20

Tips Menjaga Kesehatan Pasca Ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan Pasca Ramadhan

Jakarta, Obsessionnews.com – Sepanjang bulan Ramadhan, orang yang berpuasa cenderung lebih mudah mengontrol kesehatan. Pasalnya, pola hidupnya teratur dengan baik. Misalnya, waktu makan bisa diatur saat berbuka puasa dan sahur. Sementara di hari biasa, umumnya pola makan tidak bias teratur.

Usai Ramadhan, umat Islam merayakan Idul Fitri. Inilah momen dimana banyak makanan ‘kecil’ maupun ‘besar’. Bagi orang yang tidak bisa menjaga pola makannya, asupan gizi, kolesterol, dan jumlah kalori yang masuk tidak lagi terkontrol.

Ada sejumlah saran yang bias diikuti agar kesehatan tetap terjaga pasca Ramadhan. Berikut ini beberapa poin yang perlu dilakukan:

  1. Jangan Rakus Saat Lebaran

Ketika lebaran, orang yang tadi berpuasa seolah terbebas dari ‘beban’. Mereka akan menyantap segala hidangan yang disajikan. Padahal, perilaku itu sama sekali tidak benar. Puasa sesungguhnya menjadikan pelakunya untuk dapat menahan segala hawa nafsu, termasuk menyantap segala jenis makanan.

Jangan biarkan Anda terlena untuk menikmati segala hidangan untuk menjaga badan tetap sehat. Setop makan dan minum sekiranya Anda telah kenyang. Hindari makan dan minum berlebihan. Bukankah Rasulullah Saw. mengajarkan kita untuk berhenti makan dan minum sebelum kenyang?

  1. Puasa syawal

Mari kita praktikkan anjuran Rasulullah Saw. untuk melanjutkan puasa selama 6 hari di bulan Syawal. Selain bisa membangun kebiasaan sehat menjaga pola makan, puasa Ramadhan yang diikuti oleh 6 hari puasa syawal bernilai pahala yang sangat besar. Seseorang yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dan dilanjutkan berpuasa 6 hari di bulan Syawal akan diberi ganjaran seperti ia telah berpuasa setahun penuh. (HR. Muslim)

  1. Tetaplah konsumsi buah kering seperti kurma

Salah satu penganan saat berbuka puasa adalah kurma. Tetaplah makan buah-buahan kering seperti kurma, buah tin, atau kismis karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.

  1. Jangan cepat marah

Berpuasa sepanjang Ramadhan sejatinya mengajari kita untuk mengendalikan nafsu dan amarah. Tetaplah untuk mengendalikannya pasca Ramadhan, bahkan seterusnya. Semakin Anda mampu mengendalikan diri, maka semakin sehat fisik dan mental Anda.

  1. Berolahraga

Berolahraga dengan rutin merupakan kebiasaan yang harus dipelihara, karena dapat menjaga kesehatan tubuh. Anda boleh saja mengikuti olahraga yang dianjurkan Rasulullah Saw. seperti, memanah, berkuda, dan berenang. Bagi yang ingin berolahraga sederhana, Anda dapat memilih jalan kaki atau berlari kecil di lingkungan tempat tinggal.

  1. Berbekam

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah berbekam. Rasulullah Saw. bahkan menganjurkan berbekam sebagai cara pengobatan yang baik. Sabda beliau, ”Sesungguhnya dengan berbekam itu terdapat kesembuhan.” (Lihat Mukhtashar Muslim, Shahiihul Jaami’ dan Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah).

Ramadhan yang kita lalui, sejatinya, telah memberikan pelajaran yang sangat indah untuk kita. Sepanjang Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk bisa menahan diri. Tidak cuma menahan diri dari makan dan minum, tapi juga dari hal-hal yang bisa mengurangi nilai pahala, seperti marah, iri, dengki, dan penyakit hati lainnya.

Nah, semoga tips sederhana tadi dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih produktif. Selamat mencoba! (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.