Jumat, 19 Agustus 22

Tips Memilih Rice Cooker Agar Awet dan Hemat Daya Listrik

Tips Memilih Rice Cooker Agar Awet dan Hemat Daya Listrik
* Ilustrasi rice cooker. (Foto: Fikar Azmi/obsessionnews.com)

Setiap memilih peralatan rumah tangga, terutama elektronik, maka anda harus cermat. Hal ini untuk memastikan bahwa produk tersebut memang bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama dan juga hemat daya listrik. Salah satunya saat pemilihan alat penanak nasi atau rice cooker.

Untuk dapat memilih rice cooker dari merk terbaik, maka pastikan memilihnya di Blibli. Namun jika ingin harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan rice cooker di promo 3.3 yang diselenggarakan Blibli pada Maret mendatang.

 

Tips Memilih Rice Cooker

Memasak nasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Karena di setiap rumah tangga, membutuhkan nasi dan cara memasak yang paling praktis adalah dengan menggunakan penanak nasi rice cooker. Berikut beberapa tips dalam pemilihan rice cooker, baru pertama kali ingin membeli penanak nasi listrik ini.

 

  1. Kapasitas Rice Cooker

Saat pertama kali ingin beli rice cooker maka ketahui dulu kapasitas yang dibutuhkan dari penanak nasi tersebut. Jika anda hidup sendirian maka bisa memilih rice cooker dengan kapasitas yang kecil saja, sebab memasak nasi tidak terlalu banyak.

Namun jika anda memiliki banyak anggota keluarga di rumah, agar bisa memenuhi kebutuhan nasi di rumah maka pilih yang punya kapasitas besar. Atau jika anda memiliki usaha warung nasi misalnya, pilih rice cooker yang ukurannya besar karena dapat menghemat listrik dan juga tenaga.

 

  1. Penutup Rice Cooker

Selain kapasitas mesin, penting juga mengetahui jenis tutup rice cooker. Bagian penutup ini bekerja untuk mengatur uap nasi. Maka sangat tepat memilih rice cooker yang penutupnya mudah dilepas, agar lebih praktis saat dibersihkan.

Model penutup nasi, ada juga yang transparan dan ada yang tidak. Memilih penutup rice cooker dengan bentuk yang transparan akan memudahkan anda untuk melihat langsung bagaimana proses memasak nasi. Anda juga lebih mudah mengetahui apakah nasi sudah habis atau belum, sudah matang atau belum.

 

  1. Kemudahan Penggunaan

Pastikan bahwa rice cooker yang Anda pilih juga tidak menyulitkan saat digunakan. Terutama jika anda memiliki anggota keluarga di rumah yang sudah lansia, sehingga akan menyulitkan mereka ketika menggunakan rice cooker.

Rice cooker yang sulit dalam penggunaannya juga akan menyulitkan saat ingin dibersihkan. Paling tidak, penanak nasi listrik yang Anda pilih memiliki panci anti lengket agar mudah dibersihkan. Pegangan yang mudah diangkat dan dipindahkan, kabel yang mudah dilepas pasang dan cara pengontrolan dari rice cooker itu sendiri.

 

  1. Fitur yang Dimiliki

Akan lebih tepat pula jika memilih rice cooker dengan fitur-fitur yang memudahkan anda. Setiap rice cooker tentu punya fitur yang berbeda-beda. Ada rice cooker yang hanya bisa digunakan untuk menanak nasi saja dan ada pula yang bisa dimanfaatkan sekaligus untuk menghangatkan nasi.

Ada pula beberapa pilihan rice cooker yang bisa digunakan untuk memasak sayur dan kue. Bahkan di zaman sekarang, terdapat rice cooker canggih dengan fitur yang bervariasi dan lebih lengkap. Namun biasanya semakin banyak fitur yang dihadirkan oleh penanak nasi listrik, maka harganya bisa jauh lebih mahal.

Sementara itu, umumnya pada rumah tangga lebih banyak membutuhkan penanak nasi yang bisa memasak dan menghangatkan nasi saja. Maka dari itu akan sangat tepat jika memilih penanak nasi listrik yang sesuai dengan kebutuhan saja. Selain hemat biaya juga hemat listrik tentunya.

 

  1. Pertimbangkan Merk

Saat pilih rice cooker sangat penting juga untuk membandingkan antara merek satu dan merek lainnya. Ada banyak pilihan rice cooker dari merek merek terbaik yang sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Maka dari itu, Anda bisa memilih rice cooker dari produsen populer yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Merek-merek terbaik saat ini juga sudah menghadirkan rice cooker dengan harga yang terjangkau dan punya fitur bagus. Anda bisa melakukan riset untuk pemilihan merk terbaik lewat internet, salah satunya lewat marketplace.

 

  1. Pertimbangan Harga

Selain memilih rice cooker berdasarkan merk, pastikan juga bahwa mempertimbangkan dari sisi harganya. Rice cooker dengan kapasitas yang besar, maka akan menawarkan harga yang jauh lebih mahal. Fitur yang dihadirkan rice cooker juga bisa berdampak pada harganya.

Namun tenang saja, karena harga rice cooker terbilang cukup terjangkau. Dengan budget dari 200 ribuan saja, anda sudah bisa mendapatkan rice cooker dari merk terbaik. Atau jika cermat dan teliti, rice cooker yang harganya dibawah 200 ribuan.

 

  1. Garansi Resmi

Tips terakhir dalam pemilihan rice cooker yaitu dengan memilih penanak nasi yang punya garansi. Dan perhatikan pula bahwa rice cooker yang Anda pilih punya garansi resmi dari perusahaan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan anda ketika sudah membeli penanak nasi listrik.

Apalagi jika harganya mahal, sangat penting untuk memperhatikan garansi resmi terlebih dahulu saat beli produk elektronik. Supaya Anda bisa klaim garansi, jika penanak nasi yang dibeli mengalami kerusakan padahal baru dilakukan pembelian.

 

Jadi kini tentu anda sudah tahu apa saja tips yang perlu dilakukan dalam pemilihan rice cooker. Pilih rice cooker dari merk terbaik dengan harga yang terjangkau, hanya di Blibli. Anda bisa mendapatkan promo diskon dan promo lainnya untuk pembelian rice cooker dan produk elektronik lain pada promo 3.3 di Blibli Maret mendatang.

Selain produk elektronik, promo juga berlaku untuk produk-produk seperti kebutuhan rumah tangga, produk ibu dan anak, fashion wanita dan sport serta masih banyak lagi. (red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.