Minggu, 2 Oktober 22

Tips Cegah Penuaan Dini pada Wajah

Tips Cegah Penuaan Dini pada Wajah
* Ilustrasi cegah penuaan dini. ( HerStory)

Beberapa waktu belakangan ini, penuaan dini telah menjadi perhatian di industri kecantikan. Produk makeup maupun perawatan kulit ditujukan untuk membuat wajah terlihat semakin muda dan flawless.

Meski hampir semua kekurangan bisa disamarkan dengan makeup, namun tanda penuaan tidak semudah itu dapat ditutupi sepenuhnya. Maka dari itu, kamu memerlukan perawatan anti aging ekstra.

Anda perlu melakukan pencegahan sedini mungkin untuk bisa mencegah timbulnya garis halus, pengenduran, kerutan, flek hitam, kekusaman, atau tanda penuaan lainnya.

Kapan harus melakukan perawatan anti aging?
Dilansir Times of India, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam hyaluronat untuk bisa memicu produksi kolagen dan elastin. Sehingga, kulit tetap kenyal dan lembap.

Disarankan untuk memakai produk anti aging di atas 25 tahun agar bisa mencegah munculnya kerutan dan tanda penuaan lainnya.

Produk dan perawatan yang bisa diterapkan
Jika sudah memiliki tanda penuaan, kondisi wajah Anda akan lebih sulit dikembalikan seperti semula. Berikut beberapa produk atau perawatan yang dapat diterapkan untuk mencegah dan menyamarkan munculnya tanda penuaan.

Tabir surya: Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari sejak dini. Kebiasaan ini tidak hanya bisa mencegah munculnya tanda penuaan seperti flek hitam dan kerutan, tapi juga melindungi kulit agar tidak terbakar, perih, atau terkena kanker.

Aplikasikan tabir surya dengan minimal SPF 30 sebelum beraktivitas dan pakaikan kembali setiap 3-4 jam sekali. Terutama, jika beraktivitas di luar ruangan dan sering berkeringat.

Krim wajah: Anda bisa menggunakan krim atau serum yang memiliki kandungan pencegah tanda penuaan seperti AHA, BHA, vitamin A, vitamin C, maupun turunan vitamin tersebut. Gunakanlah di malam hari agar lebih aman untuk kulit.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen, menghilangkan sel kulit mati, serta mempercepat proses regenerasi kulit. Jangan lupa gunakan tabir surya di pagi hingga sore hari jika ingin menggunakan bahan aktif tersebut.

Perawatan laser
Perawatan laser bisa meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat regenerasi kulit. Sehingga, kulit akan tetap bersih, kenyal, dan cerah. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan perawatan yang tepat bagi kulit Anda.

Dermal fillers: Beberapa area wajah seperti di sekitar mata dan bibir bisa kehilangan volume seiring dengan bertambahnya usia. Akhirnya, area tersebut bisa mengalami pengenduran atau muncul kerutan.

Jika ingin membuatnya kembali kencang, Anda bisa melakukan dermal fillers untuk mengembalikan volumenya. Pastikan perawatan yang diterapkan benar-benar aman untuk kondisi kulit Anda sebelum melakukannya.

Mikrodermabrasi: Perawatan ini lebih ringan daripada lainnya. Anda  bisa melakukan mikrodermabrasi untuk mencegah kerutan, flek hitam, dan hiperpigmentasi lainnya. Sehingga, wajah lebih bersih, sehat, dan cerah. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.