Selasa, 14 Mei 24

Tips Aman Terlindungi dari Ancaman Gempa Bumi

Tips Aman Terlindungi dari Ancaman Gempa Bumi
* Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: Freepik)

Obsessionnews.com – Belakangan ini sejumlah wilayah baik di dalam maupun luar negeri dilanda bencana alam khususnya gempa bumi. Seperti gempa bumi terjadi di Jepang, dan beberapa wilayah di Indonesia juga.

Gempa bumi sendiri merupakan peristiwa berguncangnya bumi disebabkan tumbukan antar lempeng bumi. Yakni, aktivitas sesar (patahan), hingga aktivitas gunung api atau runtuhan bangunan.

Jenis bencana ini bersifat merusak, dapat terjadi setiap saat, dan berlangsung dalam waktu singkat. Perlu diketahui juga jika gempa bumi dapat menghancurkan bangunan, jalan, jembatan, dan sebagainya dalam sekejap.

Sampai saat ini, belum ada ahli dan institusi mampu memprediksi kapan terjadinya gempa bumi. Karena itu, Anda perlu tahu langkah cepat melindungi diri saat gempa bumi terjadi.

Berikut ini cara  tepat bisa Anda lakukan saat terjadi bencana gempa bumi. Informasi ini dirangkum dari laman BPBD, di antaranya:

1. Jika saat terjadi gempa bumi, posisi Anda berada di dalam bangunan. Seperti rumah, sekolah, ataupun bangunan bertingkat:

-Guncangan akan terasa beberapa saat, selama jangka waktu itu, upayakan keselamatan diri Anda dengan cara berlindung bawah meja. Hal itu untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca.

-Lindungi kepala dengan bantal atau helm, atau berdirilah di bawah pintu. Bila sudah terasa aman, segera lari ke luar rumah.

-Jika Anda sedang memasak, segera matikan kompor serta mencabut dan mematikan semua peralatan  menggunakan listrik. Hal itu juga untuk mencegah terjadinya kebakaran.

-Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng, atau material lain. Tetap lindungi kepala Anda dan segera menuju ke lapangan terbuka.

-Jangan berdiri di dekat tiang, pohon, dan sumber listrik. Begitu juga gedung yang mungkin roboh.

-Jangan gunakan lift apabila sudah terasa guncangan, gunakalah tangga darurat untuk evakuasi keluar bangunan. Apabila sudah di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola gedung.

-Kenali bagian bangunan yang memiliki struktur kuat seperti pada sudut bangunan. Apabila Anda berada di dalam bangunan yang memiliki petugas keamanan, ikuti instruksi evakuasi.

2. Jika anda berada di dalam mobil, lakukan hal berikut ini:

-Saat terjadi gempa bumi dengan kekuatan besar, Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil di kiri bahu jalan dan berhentilah.

-Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Atau Anda bisa memantau situasi melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.